Sunday, 5 May 2024
HomeBeritaHasil 16 Besar Piala Dunia 2022, Kroasia Kalahkan Jepang Lewat Adu Penalti

Hasil 16 Besar Piala Dunia 2022, Kroasia Kalahkan Jepang Lewat Adu Penalti

Bogordaily.net – Hasil 16 besar Piala Dunia 2022 Jepang vs digelar di Al Janoub Stadium, Senin, 5 Desember 2022 malam WIB, berjalan ketat, pertandingan berlanjut ke babak extra time.

Skor Jepang vs masih imbang 1-1 hingga akhir babak kedua laga babak 16 besar Piala Dunia 2022.

Gol Timnas Jepang diciptakan oleh Daizen Maeda pada menit 43. Sedangkam gol Timnas sekaligus peyeimbang diciptakan oleh Perisic di menit 55.

Jalannya Pertandingan

Babak Pertama

Timnas mengawali babak pertama dengan mencoba bermain ofensif. Mereka menerapkan serangan masif, yang dimotori langsung oleh trio lini tengah Luka Modric, Marcelo Brozovic, dan Mateo Kovacic.

Sayangnya, beberapa serangan yang dilancarkan tidak efektif untuk membongkar pertahanan Samurai Biru. Sebaliknya, pasukan Hajime Moriyasu yang bermain dengan pola pressing justru mendapatkan peluang emas lewat tandukkan Shogo Taniguchi.

Namun, bola meluncur tepat di sisi kanan tiang gawang Dominik Livakovic. Kedua tim yang bermain ngotot menampilkan permainan jual beli serangan. Situasi itu terjadi hingga pertandingan memasuki menit ke-20.

Daichi Kamada dan kolega hanya bisa menunggu momentum untuk melancarkan serangan balik cepat.

Permainan umpan pendek yang cukup rapi ditampilkan oleh Samurai Biru di pengujung babak pertama. Akhirnya, mereka mampu unggul lebih dulu lewat sepakan Daizen Maeda (43').

Maeda yang berdiri dalam kotak penalti langsung melepaskan tembakan terukur yang tak terbendung penjaga gawang. Pada akhirnya, Samurai Biru berhasil unggul di babak pertama dengan skor tipis 1-0.

Babak Kedua

Kedua tim langsung menampilkan permainan jual beli serangan pada awal babak kedua.

Vatreni yang sedang tertinggal pun terus menggempur pertahanan Samurai Biru. Hasilnya manis, Ivan Perisic (55') mampu membawa menyamakan kedudukan lewat sundulan mautnya. Pemain Tottenham Hotspur itu mengonversi umpan matang Dejan Lovren, kedudukan sementara 1-1.

Jepang kembali keluar perlahan-lahan membangun serangan. Lewat serangan balik, Jepang sesekali mencoba mengancam dari kedua sisi sayap, tapi pertahanan tim lawan masih lebih tangguh.

Memasuki 10 menit akhir, tempo pertandingan menurun. Kedua tim bergantian menyerang, tapi tidak ada peluang matang yang tercipta.

Skor 1-1 tidak berubah hingga wasit meniup peluit panjang. Laga pun dilanjutkan ke 3-0 menit babak tambahan.

Babak tambahan (extra time)

15 menit kedua, tempo pertandingan tidak jauh berbeda. Kedua tim memainkan bola-bola jauh. Tidak ada skema serangan yang benar-benar terbentuk.

Tidak ada gol hingga wasit meniup peluit panjang. Duel 120 menit berakhir imbang 1-1. Laga pun dilanjut ke babak adu penalti.

Babak adu penalti

Minamino gagal! Jepang 0-0
Vlasic gol! Jepang 0-1
Mitoma gagal! Jepang 0-1
Brozovic gol! Jepang 0-2
Asano gol! Jepang 1-2
Livaja gagal! Jepang 1-2 Kroasia
Yoshida gagal! Jepang 1-2 Kroasia
Pasalic gol! Jepang 1-3 Kroasia

Kroasia mengalahkan Jepang dengan skor 3-1.

Susunan pemain
JEPANG XI (3-4-3): Shuichi Gonda; Takehiro Tomiyasu, Maya Yoshida, Shogo Taniguchi; Junyo Ito, Wataru Endo, Hidemasa Morita (106′ Ao Tanaka), Yuto Nagatamo (64′ Kaoru Mitoma); Ritsu Doan (87′ Takumi Minamino), Daizen Maeda (64′ Takuma Asano), Daichi Kamada (75′ Hiroki Sakai).

Pelatih: Hajime Moriyasu

KROASIA XI (4-3-3): Dominik Livakovic; Josip Juranovic, Dejan Lovren, Josko Gvardiol, Borna Barisic; Luka Modric (99′ Lovro Majer), Marcelo Brozovic, Mateo Kovacic (99′ Nikola Vlasic); Andrej Kramaric (68′ Mario Pasalic), Bruno Petkovic (62′ Ante Budimir, Marko Livaja 106′), Ivan Perisic (106′ Mislav Orsic).

Pelatih: Zlatko Dalic.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here