Wednesday, 1 May 2024
HomePolitikHeboh Lagi Isu Reshuffle, Siapa Menteri yang Tersingkir?

Heboh Lagi Isu Reshuffle, Siapa Menteri yang Tersingkir?

Bogordaily.net–  Isu reshuffle atau penyusunan ulang kabinet pada sisa masa pemerintahan Presiden Joko Widodo () kembali menjadi perbincangan.

Sinyal perombakan kabinet sempat dilontarkan Presiden saat peresmian Bendungan Sukamahi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Jumat, 23 Desember 2022 lalu. Namun, hingga kini presiden belum menjelaskan secara rinci mengenai rencana tersebut.

“Mungkin. Ya nanti,” kata saat ditanya mengenai kemungkinan reshuffle dilansir Suarapurwokerto.id, Senin, 26 Desember 2022.

Saat meninjau Stasiun Kereta Cepat Indonesia China, beberapa waktu lalu juga pernah memberikan isyarat akan melakukan reshuffle.

Hal ini terjadi setelah salah satu partai pendukung pemerintahan , yakni Nasdem baru saja mengusung Anies baswedan sebagai bakal calon presiden 2024 mendatang.

Saat dimintai tanggapan soal kemungkinan dilakukannya reshuffle terkait hal tersebut, Presiden menyatakan rencana tersebut memang ada.

“Rencana selalu ada. Pelaksanaan nanti diputuskan,” kata kala itu.

Lalu siapa yang akan tersingkir?  Wacana reshuffle diperkirakan berkaitan adanya manuver partai politik jelang Pilpres 2024. Misalnya, Partai Nasdem yang terang-terangan mengusung Anies Baswedan. Padahal NasDem diketahui sebagai partai yang mengirim beberapa kadernya mengisi jabatan sebagai menteri di kabinet .

Selanjutnya ada Partai Gerindra. Ketua Umum Prabowo Subianto kini menjabat menjabat sebagai Menteri Pertahanan, sudah menyatakan siap maju sebagai calon presiden di 2024.

Partai Golkar, PKB, PAN dan PPP juga melakukan manuver yang sama, meski belum menentukan calon presiden. Partai-partai tersebut sudah membentuk koalisinya masing-masing.

Dalam susunan kabiner Presidesn saat ini, menteri yang berasal dari Partai Nasdem, yakni Menkominfo Johnny G Plate, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo dan  Menteri LHK Siti Nurbaya.

Partai Nasdem mengusung Anies baswedan sebagai bakal calon presiden di 2024. Hal ini menjadi salah satu yang diperkirakan akan dibidik oleh Presiden .

Ketua DPP Partai Nasdem, Irma Suryani Chaniago yakin jika dua kadernya dalam kabinet Jokowi tetap akan aman.

Ia juga mengklaim, hasil kinerja dua menteri itu sangat baik dan dirasakan betul oleh masyarakat. Menteri Kehutanan dan Lingkungan Hidup Siti Nurbaya dan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo juga dianggpanya menunjukan kinerja bagus.

“Saya yakin presiden tidak akan merugikan masyaralat dengan melakukan reshuffle pada menteri yang berkinerja baik seperti Syahrul Yasin Limpo dan Siti Nurbaya,”ujar Irma kepada Sabtu, 24 Desember 2022 lalu.

Pernyataan Irma sekaligus menanggapi pernyataan Ketua DPP PDI Perjuangan Djarot Saiful Hidayat yang sebelumnya meminta dua menteri dari Nasdem dievaluasi.

Di sisi lain, Sekretaris Jenderal Partai Gerindta Ahmad Muzani mengungkapkan, reshuffle adalah hak prerogatif dari presiden Jokowi.

Menurut Muzani, presiden dapat melakukan reshuffle kapan saja. Gerindra debagai salah satu partai koalisi pemerintah menyatakan akan menyerahkan sepenuhnya pada presiden jika memang ada rencana reshuffle.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here