Saturday, 20 April 2024
HomeBeritaJaga Diri, 3 Jenis Kanker Ini Disebabkan dari Kebersihan Tubuh yang Buruk

Jaga Diri, 3 Jenis Kanker Ini Disebabkan dari Kebersihan Tubuh yang Buruk

Bogordaily.net – Sejumlah studi menunjukkan praktik kebersihan yang buruk dapat menyebabkan berbagai penyakit serius, tak terkecuali . Maka sebaiknya kita bisa menjaga kebersihan tubuh. Seperti dilansir dari laman Express, Selasa, 6 Desember 2022, berikut tiga jenis yang bisa disebabkan oleh kebersihan diri atau yang buruk:

1. Mulut

Pada tahun 2019, Indian Journal of Surgical Oncology memuat studi yang mengungkap kebersihan mulut yang buruk sangat terkait dengan mulut.

Kebersihan mulut berpotensi meningkatkan karsinogenik untuk karsinogen lain seperti tembakau dan alkohol.

Menurut drg Sundeep Patel selaku kepala SmileStraight, kasus baru mulut di Inggris telah meningkat ke rekor tertinggi dalam beberapa tahun terakhir.

Angka yang dirilis oleh Oral Health Foundation menunjukkan bahwa 8.864 orang di Inggris didiagnosis menderita penyakit tersebut pada 2021, menandai bahwa peningkatan 34 persen dibandingkan dengan 10 tahun lalu. Angkanya melonjak lebih dari dua kali lipat dalam generasi terakhir.

2. Serviks

Praktik kebersihan menstruasi yang buruk, seperti tidak sering mengganti pembalut, merupakan faktor risiko yang signifikan dari serviks.

serviks saat ini menempati posisi keempat sebagai yang paling sering didiagnosis pada perempuan, dan penyebab utama keempat kematian akibat kanker.

Infeksi HPV, terutama tipe 16 dan 18, bertanggung jawab atas 75 persen dari semua kasus penyakit ini. Praktik menstruasi yang buruk bisa menyebabkan infeksi kronis, yang juga merupakan faktor risiko yang signifikan untuk kanker serviks.

Para penulis menjelaskan bahwa pembalut sekali pakai mudah diklasifikasikan sebagai sesuatu yang higienis. Namun, pembalut yang dapat digunakan kembali seperti kain atau menstrual cup juga tepat dianggap higienis.

3. Kanker Penis

Kanker penis adalah jenis kanker langka yang kebanyakan menyerang kulit yang menutupi kepala penis. Ini bisa mengancam jiwa jika telat terdiagnosis.

Menurut Cancer Net, kebersihan penis yang buruk meningkatkan perubahan peradangan kronis, yang pada gilirannya menyebabkan kanker.

Badan kesehatan menyebut bahwa individu dengan fimosis, kondisi ketika kulup ketat tidak bisa ditarik kembali ke kepala penis, berisiko tinggi terkena kanker penis.

“Ini kemungkinan besar karena mereka yang menderita fimosis cenderung tidak dapat membersihkan penis secara menyeluruh,” ungkap Cancer Net.***

Copy Editor: Riyaldi

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi YouTube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here