Saturday, 4 May 2024
HomeKota BogorJaga Kemanan Natal, Polresta Sterilisasi Gereja di Kota Bogor

Jaga Kemanan Natal, Polresta Sterilisasi Gereja di Kota Bogor

Bogordaily.net – Demi menjaga keamanan saat ibadah umat kristiani, Polresta Bogor Kota melaksanakan pengecekan dan sterilisasi gereja yang akan digunakan ibadah dan tahun baru di Kota Bogor, pada 24 Desember 2022.

Kapolresta Bogor Kota Kombes Pol Susatyo Purnomo Condro bersama para PJU dan anggota dari Tim JIBOM serta Satuan Samapta Polresta Bogor Kota melaksanakan pengecekan dan sterilisasi gereja Katedral yang akan digunakan ibadah Misa dan Tahun Baru.

“Hari ini jajaran Polresta Bogor Kota sejak tiga hari kemarin melaksanakan operasi lilin dan sebanyak 80 Gereja akan menjadi pusat pengawasan atau pengamanan kami,” ucap Kapolresta Bogor Kota Kombes Pol Susatyo Purnomo Condro.

Susatyo Purnomo Condro menyampaikan, sekitar 36 gereja yang akan digunakan ibadah, pihaknya selalu siap siaga dan penuh kewaspadaan untuk menjamin keamanan dan kenyamanan bagi semua umat yang akan melaksanakan ibadah.

“Kita melaksanakan sterilisasi dengan Tim Jibom untuk memastikan semuanya aman, termasuk kami memastikan semua gereja yang melaksanakan ibadah terdapat personil yang melaksanakan pengamanan,” ungkapnya menjelaskan kegiatan tersebut.

Diberitakan sebelumnya, Menjelang Hari Raya 2022 dan Tahun Baru 2023, Polresta Bogor Kota menggelar rapat koordinasi lintas sektoral Operasi Lilin Lodaya 2022 di Aula Mapolresta Bogor Kota, Jalan Kapten Muslihat, Kota Bogor, Rabu 21 Desember 2022.

Rapat koordinasi tersebut dipimpin Kapolresta Bogor Kota, Kombes Pol Susatyo Purnomo Condro, Dandim 0606 Kota Bogor, Kolonel Inf Ali Akhwan dan Ketua DPRD Kota Bogor, Atang Trisnanto.

Kapolresta Bogor Kota, Kombes Pol. Susatyo Purnomo Condro menyebutkan, operasi yang rutin dilaksanakan setiap tahun tidak ingin sekedar dijalani sebagai satu rutinitas mengingat ada variabel-variabel. Dinamika yang dihadapi setiap tahun akan berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya.

Pemulihan ekonomi ungkap Kapolresta menjadi kata kunci sehingga ke depan semua pihak di Kota Bogor akan kerja keras dan tetap menjaga sinergi karena perayaan 2022 dan Tahun Baru 2023 akan lebih meriah dibanding tahun-tahun sebelumnya. Ditambah lagi ancaman-ancaman lain yang tidak bisa dianggap remeh.

Tempat-tempat wisata menjadi titik yang akan dimonitor disamping potensi kriminalitas, geng motor dan tawuran sehingga pola yang akan digunakan PAM tahun 2022 berbeda dengan tahun sebelumnya.

Susatyo menyatakan dukungan aparatur wilayah dan sistem pemerintah terkecil, seperti RT dan RW diperlukan untuk mencegah tindakan kriminalitas, terutama yang meresahkan masyarakat.

“Dukungan dari masyarakat sangat dibutuhkan agar suasana akhir tahun ini bisa berjalan dengan lancar,” katanya.

di lakukan di 80 Gereja 

Sementara itu, Kabag Ops. Polresta Bogor Kota, Kompol Prasetyo Purbo Nurcahyo dihadapan semua yang hadir memaparkan peluncuran pelaksanaan Operasi Lilin Lodaya 2022 dalam rangka pengamanan 2022 dan Tahun Baru 2023.

Operasi Lilin Lodaya 2022 sejatinya dimulai pada 23 Desember 2022 sampai dengan 2 Januari 2023, namun khusus untuk di wilayah Jawa Barat harus dilakukan mulai 21 Desember 2022 mengingat dalam waktu dekat akan masuk masa libur panjang.

Untuk menjaga keamanan diwilayah hukum Kota Bogor total personel gabungan yang akan terlibat melibatkan 1.203 petugas dari kepolisian, TNI dan Pemkot Bogor.

Selain itu Polresta Bogor Kota akan didirikan 1 pos terpadu, 6 pos PAM di 6 kecamatan, 10 pos pengamanan wisata dan 12 pos singgah patroli. Berdasarkan data Polresta Bogor Kota, di Kota Bogor ada 80 titik gereja yang melaksanakan. (Ibnu Galansa)

Copy Editor: Riyaldi

 

Simak Video Lainnya dan Kujungi YouTube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here