Sunday, 5 May 2024
HomeBeritaJaga Kestabilan Emosi, Ini Hormon yang Bikin Bahagia

Jaga Kestabilan Emosi, Ini Hormon yang Bikin Bahagia

Bogordaily.net– Tak hanya kesehatan tubuh, kesehatan emosi juga harus dijaga tentu saja dengan cara berbeda. Jika menjaga kesehatan tubuh misalnya dengan menjalankan pola hidup sehat, lalu bagaimana menjaga kesehatan emosi? Melansir Klikdokter.com, menjaga kesehatan emosi berkaitan erat dengan . Di dalam otak, terdapat empat yang membuat dan berfungsi menjaga kestabilan emosi. Apa saja ini dan bagaimana cara memicu agar tubuh memproduksinya secara teratur?

Dopamin

merupakan senyawa kimia yang dihasilkan sistem saraf pusat. Setelah diproduksi di otak, - tersebut didistribusikan ke seluruh tubuh lewat aliran darah. Hormon  dopamin dopamin dikenal dengan hormon “cinta dan gairah”.  Hormon yang diproduksi di hipotalamus, kelenjar yang mengontrol hormon di otak, ini membuat seseorang merasa puas dan senang.

Tubuh akan memproduksi dopamin dalam kondisi tertentu. Beberapa aktivitas bisa memicu keluarnya hormon dopamin seperti melakukan tugas-tugas kecil yang bisa kita selesaikan tiap hari ini, memasak dan makan makanan favorit, belajar hal baru yang disukai, mandi air dingin, mendengarkan musik favorit, meditasi

Serotonin

Serotonin dikenal sebagai hormon yang dapat membuat perasaan menjadi stabil dan . Selain itu, serotonin juga berfungsi untuk komunikasi antarsel di dalam otak. Serotonin dapat memperbaiki suasana hati. Sebaliknya, kekurangan serotonin bisa membuat suasana hati menjadi buruk.

Jika kondisi itu terjadi dalam jangka panjang, seseorang dapat mengalami gangguan kesehatan mental. Karena itu, kamu perlu memastikan tubuh memproduksinya dalam jumlah tepat. Cara merangsang otak menghasilkan serotonin misalnya dengan bersyukur atau menuliskan jurnal mengenai hal-hal yang disyukuri dalam kehidupan sehari-hari, pijatan, berjemur dan terpapar matahari, makan makanan yang kaya akan triptofan seperti telur, kacang-kacangan, produk susu.

Oksitosin

Hormon oksitosin merupakan senyawa kimia yang berkaitan dengan perasaan cinta, dan kasih sayang. Hormon ini punya peran memengaruhi emosi dalam interaksi sosial seseorang dengan orang lainnya. Hormon oksitosin sering disebut sebagai hormon cinta. Hormon oksitosin diproduksi otak bila seseorang misalnya bersosialisasi dengan orang-orang yang kita sayangi, memeluk orang yang kita kasihi, memeluk binatang peliharaan, memberi dan menerima hadiah.

Endorfin

Hormon endorfin adalah hormon penahan rasa sakit alami yang dimiliki tubuh saat tubuh mengalami stress atau ketidaknyamanan. Endorfin bekerja dengan memblok reseptor rasa sakit di otak. Sensasi sakit yang dialami seseorang bisa berkurang. Beberapa aktivitas dapat meningkatkan kadar hormon endorfin di dalam tubuh, diantaranya dengan berolahraga, tertawa, makan cokelat.***

Copy Editor: Riyaldi

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi YouTube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here