Monday, 6 May 2024
HomeKabupaten BogorJaga Toleransi, Ormas Islam Ikut Amankan Misa Natal di Gereja Katedral

Jaga Toleransi, Ormas Islam Ikut Amankan Misa Natal di Gereja Katedral

Bogordaily.net – Gerakan Pemuda (GP) Ansor, Barisan Serbaguna Nahdlatul Ulama (Banser), GPI (gerakan pemuda Islam), M1R (Maluku satu Rasa), pemuda Katolik serta anggota Polresta Bogor Kota lakukan di pada saat Misa , Sabtu 24 Desember 2022.

Hal itu diungkapkan langsung oleh Ketua Seksi Liturgi Paroki Katedral Bogor, Paulus Djoko E P.

“Perayaan Misa kita lakukan dua kali, pertama pukul 17.00 WIB dan kedua pada pukul 20.30 WIB. Kurang lebih 60 orang yang siap membantu melakukan ,” kata Paulus Djoko kepada bogordaily.net.

Paulus Djoko menyampaikan, bahwa pada saat umat yang datang ke Gereja Katedral, akan di periksa oleh petugas keamanan menggunakan alat metal detektor. Hal ini guna memastikan tidak ada barang berbahaya saat melangsungkan Misa.

“Terutama bagi yang membawa tas ransel, itu yang kami periksa terlebih dahulu,” ucapnya.

Tahun ini, kata Paulus Djoko, Gereja Katedral siap menampung 3.100 orang untuk melangsungkan Misa. Berbeda dengan tahun sebelumnya yang hanya menyiapkan tempat 440 orang.

“Akan tetapi, saat berlangsungnya Misa, kami juga selalu menghimbau kepada umat untuk selalu menjaga protokol kesehatan seperti memakai masker,” terangnya.

Diberitakan sebelumnya, Polresta Bogor Kota melaksanakan pengecekan dan sterilisasi gereja yang akan digunakan ibadah dan tahun baru di Kota Bogor.

Kapolresta Bogor Kota Kombes Pol Susatyo Purnomo Condro bersama para PJU dan anggota dari Tim JIBOM serta Satuan Samapta Polresta Bogor Kota melaksanakan pengecekan dan sterilisasi gereja Katedral yang akan digunakan ibadah Misa dan tahun baru.

“Hari ini jajaran Polresta Bogor Kota sejak tiga hari kemarin melaksanakan operasi lilin dan sebanyak 80 Gereja akan menjadi pusat pemantauan atau kami,” ucap Kapolresta Bogor Kota Kombes Pol Susatyo Purnomo Condro.

Susatyo Purnomo Condro menyampaikan, sekitar 36 gereja yang akan digunakan ibadah, pihaknya selalu siap siaga dan penuh kewaspadaan untuk menjamin keamanan dan kenyamanan bagi semua umat yang akan melaksanakan ibadah.

“Kita melaksanakan sterilisasi dengan Tim Jibom untuk memastikan semuanya aman, termasuk kami memastikan semua gereja yang melaksanakan ibadah terdapat personil yang melaksanakan ,” ungkapnya. (Ibnu Galansa)

Copy Editor: Riyaldi

 

Simak Video Lainnya dan Kujungi YouTube BogordailyTV

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here