Thursday, 2 May 2024
HomeEkonomiJangan Kaget! Tarif KRL untuk Orang Kaya Bakal Diberlakukan Pertengahan 2023

Jangan Kaget! Tarif KRL untuk Orang Kaya Bakal Diberlakukan Pertengahan 2023

Bogordaily.net Commuter Line untuk akan diberlakukan pada pertengahan 2023. nantinya akan mengalami perubahan sistem lewat skema subsidi tepat guna via tiket kartu.

Rencananya akan ada dua jenis, yakni subsidi untuk masyarakat bawah dan normal (tanpa subsidi) untuk .

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menjamin tidak akan naik hingga 2023, namun akan ada kebijakan pemberian subsidi tepat sasaran.

“Kalau KRL enggak naik, Insya Allah 2023 tidak naik. Tapi, nanti pakai kartu, yang kemampuan finansialnya tinggi harus bayar lain. Average, sampai 2023 enggak naik,” ujar Menhub Budi Karya Sumadi dikutip dari Okezone, Rabu 28 Desember 2022.

Menimpali pernyataan Menhub, Direktur Jenderal Perkeretaapian Risal Wasal mengatakan, tarif normal tanpa subsidi berlaku untuk , sehingga penumpang kaya akan membayar lebih mahal dibandingkan tarif KRL subsidi.

Pembayaran tarif KRL via kartu nantinya akan diterapkan lewat skema subsidi terbatas.

“Subsidi tepat guna. Artinya tidak naik, tapi nanti kita pakai data Kemendagri. Yang kaya ya bayar sesuai aslinya, yang kurang mampu itu nanti dapat subsidi,” kata Risal.

“Paling lambat di pertengahan semester I setelah kegiatan peresmian-peresmian. Tapi kalau bisa kita percepat ya kita percepat,” tambahnya.

Dia menambahkan, bahwa subsidi tepat guna yang dimaksud yakni pemberian subsidi bagi masyarakat tidak mampu. Nantinya pihaknya akan menggunakan data dari Kementerian Dalam Negeri untuk mengetahui siapa saja yang berhak untuk mendapatkan subsidi tersebut.

Sedangkan bagi mereka yang dianggap mampu secara finansial akan tetap membayar sesuai dengan tarif yang seharusnya dibayarkan.

“Itu subsidi tepat guna. Tarif tidak jadi naik, tapi kita makai data yang ada di Kemendagri. Jadi yang kaya ya bayar sesuai dengan harga aslinya. Dan yang kurang mampu itu yang dapat subsidi,” ujarnya.

Risal mengatakan bahwa rencana tersebut akan berjalan sesuai dengan yang sudah direncanakan dan tidak akan ada gangguan ataupun kesusahan untuk pengguna.

“Kita harap tidak ada yang ribet. Percaya sama data kita aja ya,” katanya.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here