Jaringan Smartfren Gangguan Hari Ini, Berikut Penyebab dan Solusi

Jaringan Smartfren gangguan
IIMS

Bogordaily.net – Jaringan Smartfren mengalami gangguan hari ini. Hal tersebut memicu para pengguna provider ini berkeluh kesah. Sinyal dari hp mereka mendadak hilang dan tak kembali. Aktifitas mereka berkomunikasi pun berantakan. Kenapa jaringan Smartfren mendadak hilang? Dan bagaimana solusinya?

Berikut ini akan diulas mengenai penyebab sinyal jaringan provider tersebut hilang dan bagaimana mengatasinya. Seharian ini sinyal Smartfren raib di hampir seluruh perangkat selular. Keluhan pun banjir di mediabsosial seperti di Twitter.

Keluhan-keluhan sinyal Smartfren hilang mereka sampaikan sembari me-mention akun Twitter resmi layanan pelanggan @smartfrencare dan akun @smartfrenworld. Mereka juga membalas twit sejumlah pengguna yang memiliki nasib yang sama.

Berdasarkan sejumlah laporan di jejaring sosial berlogo “burung” itu, gangguan ini melibatkan sinyal Smartfren hilang, sehingga mereka tidak bisa melakukan panggilan telepon dan menggunakan layanan internet Smartfren.

Beberapa dari mereka mengaku perangkat yang dipasangi kartu SIM Smartfren menunjukkan tidak ada layanan alias “no service” sejak Kamis 10 November 2022 siang kemarin. Yang lain mengeluhkan tidak mendapatkan sinyal sejak Kamis sore dan malam kemarin.

Akun Twitter Putri Marsella salah satunya. Dia mengaku kebingungan apakah semua iPhone atau iPhone XR miliknya saja yang gangguan.

“Ini hp gw aja apa semua iphone XR kek gini sih? dari sore tidak ada layanan mulu udh coba pake smartfren ttp aja anjir lah,” tulis pemilik akun dengan handle @mpuuut27 itu.

Selain perangkat dengan kartu SIM, tak sedikit pengguna iPhone di Twitter yang mengaku bahwa eSIM Smartfren mereka error dan tidak berfungsi, lantaran tidak ada layanan alias tidak ada sinyal.

Seperti yang dicuitkan Erka, pemilik akun @minusxenaa.

“Esim smartfren kok no service yah ? Ni pemakaian bulan ke-2, baru jg beli paket. Liat tweet yang lain beda kota juga sama,” tulisnya.

Untuk bukti tambahan, beberapa pelanggan Smartfren pun menyertakan tangkapan layar yang memperlihatkan ikon bar sinyal di ponsel mereka menunjukkan tanda silang (X). Ini mengindikasikan bahwa jaringan Smartfren “no signal” alias tidak ada sinyal.

Penyebab jaringan Smartfren gangguan.

Jika mengacu pada akun media sosial resmi @smartfrenworld di Twitter, gangguan ini mungkin disebabkan oleh pemeliharaan jaringan oleh pihak Smartfren.

“Hai teman Smartfren, demi memberikan layanan terbaik, akan dilakukan pemeliharaan sistem pada 9 Nov 2022 jam 20.00 WIB – 10 Nov 2022 jam 06.00 WIB,” tulis Smartfren.

Seharusnya, perbaikan tersebut sudah selesai. Setidaknya begitu menurut VP Network Operation Smartfren, Agus Rohmat.

Menurut Agus, Saat ini operator seluler tersebut masih melakukan pemeliharaan untuk meningkatkan kualitas jaringan.

“Saat ini Smartfren tengah melakukan pemeliharaan jaringan untuk meningkatkan kualitas yang dirasakan seluruh pelanggan,” ujar Agus dalam keterangan resmi seperti diberitakan KompasTekno, Jumat 11 November 2022.

Agus menambahkan bahwa pemeliharaan ini sebelumnya sudah diinformasikan kepada pelanggan, dan saat ini kendala yang dikeluhkan para pelanggan tadi diklaim sudah pulih sepenuhnya.

Agus juga mengeklaim bahwa kendala yang dirasakan pelanggan telah 100 persen kembali normal.***

Copy Editor: Riyaldi

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi YouTube BogordailyTV

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *