Friday, 19 April 2024
HomeNasionalBesok 9 Desember Memperingati Hari Apa? Simak di Sini!

Besok 9 Desember Memperingati Hari Apa? Simak di Sini!

Bogordaily.net – Besok Jumat 9 Desember 2022 memperingati hari apa? Mungkin banyak yang belum tahu, ada banyak peristiwa besar dan diperingati hari ini, karena kejadiannya yang memberi dampak besar bagi kehidupan.

Tahun ini tanggal 9 Desember jatuh pada hari jumat. Setiap tanggal ini diperingati sejumlah peringatan baik skala nasional maupun internasional.

Lantas apa saja yang diperingati dan dirayakan hari ini? Berikut ulasan dan sejarah perayaan hari besar tersebut.

Hari Antikorupsi Sedunia

Hari Antikorupsi Sedunia diperingati pada tanggal 9 Desember setiap tahunnya. Hari ini dideklarasikan oleh Majelis Umum Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) pada tahun 2003.

Tujuannya adalah untuk meningkatkan kesadaran akan bahaya dan peran penting semua masyarakat dalam memberantas dan mencegahnya. Hari Antikorupsi Sedunia dibuat sebagai pengingat bagi semua pihak untuk aktif berbicara dan melawan di berbagai bidang.

Lebih dari itu, hari ini juga menunjukkan pengakuan universal akan pentingnya tata kelola yang baik, akuntabilitas dan komitmen politik dalam memberantas dan mencegah .

Dikutip dari laman resmi PBB, Hari Antikorupsi Sedunia 2022 menyoroti hubungan penting antara antikorupsi dan perdamaian, keamanan serta pembangunan. PBB menyatakan, penanggulangan merupakan hak dan tanggung jawab setiap orang.

Melalui kerja sama dan keterlibatan setiap orang dan lembaga, kejahatan ini dapat diatasi. Negara, pejabat pemerintah, pegawai negeri, aparat penegak hukum, media massa, sektor swasta, masyarakat sipil, akademisi, publik, dan setiap individu harus bersama-sama berperan dalam melawan .

Hari Pencegahan Genosida Internasional

Perayaan hari ini diperingati setiap tanggal 9 Desember. Hari ini dibuat oleh Majelis Umum PBB pada 29 September 2015. Tanggal 9 Desember dipilih karena merupakan hari di mana konvensi tentang pencegahan dan penghukuman kejahatan genosida atau Konvensi Genosida diadopsi oleh PBB pada tahun 1948.

Adapun tujuan Hari Pencegahan Genosida Internasional adalah untuk menyebarkan kesadaran tentang Konvensi Genosida dan perannya dalam mencegah genosida. Selain itu, dengan adanya hari ini, diharapkan semua pihak dapat terlibat dalam upaya bersama untuk mengakhiri kejahatan kemanusiaan ini.

Genosida adalah kejahatan kemanusiaan yang mengacu pada tindakan kekerasan yang dilakukan terhadap anggota kelompok ras, etnis, atau agama dengan tujuan untuk memusnahkan seluruh kelompok tersebut. Genosida merupakan salah satu kejahatan terbesar yang dilakukan oleh manusia terhadap manusia dalam sejarah kemanusiaan.

Istilah genosida banyak digunakan ketika Nazi melakukannya kepada orang Yahudi Eropa pada saat Perang Dunia II.

Demikian ulasan mengenai peringatan yang jatuh pada hari ini. Jadi sudah tahu besok Jumat, 9 Desember memperingati hari apa?.***

Copy Editor: Riyaldi

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi YouTube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here