Saturday, 28 September 2024
HomeHiburanKabar Duka, Aminah Cendrakasih Pemeran Mak Nyak di Si Doel Meninggal Dunia

Kabar Duka, Aminah Cendrakasih Pemeran Mak Nyak di Si Doel Meninggal Dunia

Bogordaily.net  Dunia hiburan Tanah Air kembali berduka. Aktris kawakan Aminah Cendrakasih atau yang dikenal sebagai Mak Nyak di sinetron Doel Anak Sekolahan meninggal dunia, Rabu, 21 Desember 2022.

Kabar duka dibagikan Rano Karno melalui media sosialnya hari ini.

“Innalillahi wainna ilaihi rojiun telah Wafat Mak Nyak (Aminah Cendrakasih).. Semoga Almarhumah diterima seluruh amal ibadahnya Dan diberikan tempat terbaik disisi Allah SWT Aaminn YRA,” tulis Rano Karno dalam keterangan yang diunggahnya di Instagram @si.rano.

Sementara itu dilansir dari laman Wikipedia Aminah Cendrakasih lahir pada 29 Januari 1938 atau berusia 84 tahun. Ia dikenal sebagai aktris dan juga model pada masanya. Namanya mulai dikenal setelah membintangi film Serampang 12 tahun 1956 dan Asrama Dara tahun 1958.

Sejak duduk di bangku sekolah di SKP, putri pasangan pelawak Husni Nagib dan artis Wolly Sutinah ini sudah mengenal dunia panggung. Dimulai dengan aktif di pentas sandiwara tahun 1955 sebagai pemain dan penyanyi.

Kemudian di tahun yang sama, ia mendapat kesempatan tampil dalam film Oh, Ibuku (Bagian I dari film Gadis Tiga Djaman yang bersambung ke Puteri Revolusi) produksi Garuda Film dan Semeru Film di bawah pengarahan sutradara Ali Yugo.

Sejak 1994 Aminah terlibat dalam sinetron Si Doel Anak Sekolahan dan berperan sebagai Laila yang tak lain ibu dari Doel.

Kiprahnya di dunia akting membuat Aminah menyabet sejumlah penghargaan yakni pada 2012 meraih Lifetime Achievement Award pada Festival Film Bandung dan 2013 mendapat penghargaan serupa tetapi dalam ajang Indonesian Movie Actors Awards. Pada 2019 ia juga meraih Piala Maya pada kategori Penampilan Singkat nan Berkesan di Si Doel the Movie.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here