Wednesday, 8 May 2024
HomeKota BogorKeren! Siswa SMA Bina Insani Sukses Gelar Pesta Rakyat 2022

Keren! Siswa SMA Bina Insani Sukses Gelar Pesta Rakyat 2022

Bogordaily.net – Sekolah SMA sukses menggelar kegiatan Pesta Rakyat yang dihadiri 300 orang termasuk seluruh siswa SMA, guru SMA dan lainnya, serta wali murid di sekolah SMA Bina Insani, Rabu, 14 Desember 2022. Kegiatan Pesta Rakyat ini merupakan hajat pamungkas pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di semester ini.

Setelah siswa kelas X merencanakan projek, turun lapang serta membuat laporan projek, siswa harus mepresentasikan dalam bentuk pagelaran kegiatan dalam Pesta Rakyat 2022 ini.

Para pengunjung menikmati penampilan seni tari dan musik khas Bogor dari Tim Gamelan SMABBI, fashion show Batik Frida Aulia Indonesia dari Tim Ekonomi Kreatif.

Adapula pameran hasil projek berupa pameran foto hasil proyek kelas X yang ditata dengan apik di kelas, demonstrasi hasil eksperimen tenaga surya dan pemutaran video hasil kunjungan lapang, juga science fair kelas XII IPA yang berisi demonstrasi konsep fisika yang aplikatif dalam kehidupan.

Pesta rakyat ini pun dilengkapi stand-stand khusus dari beberapa perguruan tinggi dan stand ekonomi kreatif yang menampilkan koleksi Batik Frida Aulia,  yang dijadikan salahsatu unit bisnis tim ekonomi kreatif.

Lebih seru lagi, ada bazar makanan dan minuman khas bogor oleh tim makanan khas Bogor berupa Soto mie, Roti Unyil Venus, Sate kikil (cungkring), Bir kocok dan Es sekoteng.

“Saya senang, dengan kurikulum merdeka melalui proyek penguatan profil pelajar pancasila (P5). Siswa semakin aktif dan terlihat kreatifitasnya. Semoga kegiatan ini kita namai Pesta Rakyat betul-betul dapat menampilkan kreatifitas semua siswa,” ucap Kepala SMA , Cucup Shohibul Maqomat.

Pelaksanaan P5 ini di bawah pengelolaan Wakasek Kurikulum, M. Nasir Rusunah dan Koordinator Pelaksanaan P5 Indah Intantila.

Pelaksanaan P5 ini melalui berbagai kajian dalam bentuk penelitian ilmiah. Semester ini mengusung tema Kebhinekaan Global “Bogor Tempo Dulu hingga Kini” mencakup hal-hal yang terkait dengan Kota bogor yaitu tata kota (klasterisasi pemukiman berbagai etnis), perkembangan fisik wilayah, perkembangan sosial budaya masyarakat, agama yang dianut oleh mayoritas masyarakat, sejarah kota bogor, perekonomian masyarakat, bioma khas Bogor, tempat-tempat wisata baik alam, religi serta beberapa icon dan herritage spot.

Pekerjaan siswa menjadi tidak sederhana memang. Bukan saja mereka berlatih koordinasi secara internal di kelompoknya, namun juga bisa memahami arahan dan bimbingan guru dan tentu tuntutan sekolah.

Pesta Rakyat Bina Insani

Pelaksanaan P5 ini mewajibkan semua kelompok membuat makalah ilmiah dalam bentuk pdf sebelum disajikan dalam presentasi baik lisan maupun tulisan. Bahkan, hasil kerja lainnya bisa jadi menjadi konsekuensi perlu diadakan, seperti contoh produk, contoh spesies, penjelasan singkat, foto video dokumentasi, kisah singkat, peta lokasi, infografis, miniatur, bahkan penampilan berupa aksi panggung dan pameran bila diperlukan agar terwujudnya dalam Pesta Rakyat 2022.

SMA Bina Insani Bogor menetapkan 20 (dua puluh) tema tentang Bogor. Hal ini menjadi menarik karena melalui hasil projek nanti, akan lebih mengenal Bogor dari banyak sisi dan terutama agar siswa bisa bekerja dalam tim kecil yang lebih efektif.

Satu kelompok beranggotakan 5-6 orang. Tema yang dibahas adalah ekonomi kreatif, sejarah, suku/ etnis, makanan khas. minuman khas, pakaian khas, heritage spot. wisata religi, wisata alam, corak pemerintahan, trademark/ikon, sosial, topografi, bioma khas, seni musik dan tari, kujang, tokoh dan pahlawan Bogor.

Dalam projek ini, mata pelajaran yang terlibat tidak tunggal. Berdasarkan lingkup temanya, mata pelajaran yang terlibat adalah Sosiologi, PAI, Geografi, Biologi, Ekonomi, Sejarah, B. Indonesia, B. Inggris, Seni, B. Sunda dan PKN.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here