Monday, 6 May 2024
HomeNasionalKereta Teknis Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung Anjlok  

Kereta Teknis Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung Anjlok  

Bogordaily.net–  Kecelakaan terjadi dalam proyek (KCJB). Sebuah kereta teknis pada proyek anjlok keluar jalur, Minggu, 18 Desember 2022. Peristiwa terjadi di Kampung Campaka, Desa Campakamekar, Kecamatan Padalarang, Kabupaten Bandung Barat.

Video yang merekam teknis beredar di media sosial. Tampak kereta teknis berwarna kuning dengan ukuran panjang dan cukup besar didorong oleh sebuah lokomotif berwarna hijau bertuliskan Power China di bagian depan keluar dari lintasan kereta. Rangkaian kereta teknis dan lokomotif keluar dari ujung jalur trase kereta dengan jarak sekitar 200 meter. Rangkaian kereta itu masih tergeletak di tepi dan ditutupi terpal serta dibatasi garis polisi.

“Kita mengamankan TKP. Lokasinya di Padalarang,” ujar Direskrimum Kombes Pol K Yani Sudarto sebagaimana dilansir detikJabar.

Ia memastikan ada pekerja yang tewas dalam insiden ini. Meski demikian, ia belum tahu persis soal jumlah korban yang meninggal dunia karena masih dalam pemeriksaan lebih lanjut.

“Ada korban (meninggal), tapi masih diidentifikasi tepatnya berapa. Korban luka ada juga. Saat ini sudah dibawa ke RS Santosa,” ujar Yani.

Sementara itu proses penyelidikan juga terkendala oleh gelapnya lokasi kejadian kecelakaan. Termasuk kronologis kejadian masih didalami. Saat ini pihaknya fokus untuk mengidentifikasi jumlah korban meninggal dan luka akibat kecelakaan tersebut. Saat ini semua korban dibawa ke RS Santosa, Bandung.

Ia pun segera menerjunkan tim khusus untuk melakukan olah TKP. Tim khusus tersebut merupakan Puslabfor Mabes Polri.

Terpisah, PT Indonesia China (KCIC) selaku operator proyek menyebut kereta yang anjlok merupakan kereta teknis yang digunakan di proyek . Insiden terjadi di sekitar Cipada – Cikalongwetan, Kabupaten Bandung Barat.

Corporate Secretary KCIC Rahadian Ratry mengatakan kejadian ini masih dalam tahap investigasi oleh pihak terkait. Termasuk empat pekerja yang dikabarkan menjadi korban.

“Sehubungan dengan beredarnya informasi mengenai Kereta Teknis yang keluar jalur di Proyek Jakarta – Bandung (KCJB) pada Minggu 18 Desember, PT KCIC menyampaikan bahwa kejadian tersebut saat ini masih dalam investigasi pihak terkait, termasuk adanya informasi 4 Tenaga Kerja yang terluka,” kata Rahadian dalam keterangannya.

Menurutnya, saat ini petugas kepolisian masih melakukan penyelidikan. Pihaknya berjanji akan bekerja sama dengan pihak berwenang untuk menginvestigasi insiden ini.

“KCIC memastikan segenap pekerjaan yang dilakukan kontraktor KCJB senantiasa mengimplementasikan aspek Safety, Security, Health and Environment (SSHE) pada setiap aktivitas kerja. Para kontraktor akan berkomitmen terhadap aspek keselamatan diri seluruh pekerja sehingga risiko kecelakaan kerja dapat dihindari,” sambungnya.***

Copy Editor: Riyaldi

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi YouTube BogordailyTV

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here