Wednesday, 26 June 2024
HomeNasionalKisi-Kisi Soal PPS 2024 dan Link PDF, Simak di Sini

Kisi-Kisi Soal PPS 2024 dan Link PDF, Simak di Sini

Bogordaily.net dan link PDF, jadi topik hangat. Seiring dengan rekrutmen atau penerimaan anggota PPS yang telah dibuka Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Para peserta yang sudah terdaftar, kini akan mengikuti tes selanjutnya. Agar bisa lolos maka harus berlatih untuk menambah wawasan.

Agar bisa lolos ujian dan resmi menjadi anggota PPS pemilu nanti.

Berikut ini akan diulas mengenai kisi-kisi soal lengkap dengan link download versi pdf,

Berdasarkan Keputusan KPU Nomor 476 tahun 2022, materi seleksi wawancara PPK meliputi pengetahuan kepemiluan, komitmen yang mencakup integritas, independensi dan profesionalitas, rekam jejak anggota PPK serta klasifikasi masukan dan tanggapan masyarakat.

Contoh soal Tes Wawancara PPK dan PPS Pemilu 2024

Apa yang dimaksud dengan Pemilu?
Kapan Pemilu pertama kali dilaksanakan? Apa saja prinsip-prinsip dalam Pemilu? Apa isi maklumat wakil Presiden terkait Pemilihan Umum?
Sebutkan dasar hukum yang mengatur mengenai Pemilihan Umum? Kapan jadwal Pemilihan Umum Pemungutan Suara 2024 dilaksanakan?
Apa saja tugas KPU?
Apa tugas Panitia Pemilihan Kecamatan? Apa fungsi dari Panitia Pemilihan Kecamatan? Mengapa Anda tertarik untuk bergabung menjadi PPK PPS atau KPPS? Apa motivasi Anda bergabung di KPU dalam hal ini menjadi PPK, PPS atau KPPS?
Apa yang kamu ketahui tentang posisi ini (anggota PPK dan PPS)?.
Bagaimana sikap Anda ketika dihadapkan pada 2 pilihan yang sama penting antara tugas PPK dan tugas domestik lain
Berapa total desa di wilayah domisili Anda? Sebutkan setidaknya 10 nama desa. Berapa jumlah DPT di desa tempat tinggal Anda?
Sebutkan secara rinci Apa saja wewenang dan tugas dari anggota PPK dan PPS
Sebutkan diantaranya Ceritakan tentang diri Anda secara singkat Apa pencapaian terbesar Anda?
Kemampuan/keterampilan IT apa saja yang kamu kuasai untuk mendukung pekerjaan ini?
Tunjukkan cara pengoperasiannya Kontribusi apa yang bisa kamu berikan untuk posisi ini?

Kisi-kisi tes wawancara calon anggota PPK dan PPS Pemilu 2024:

Pelajari tentang struktur organisasi penyelangara pemilu baik KPU dan Bawslu, silahkan di hafal tentang nama ketua organisasi masing-masing, dari tingkat pusat hingga bawah.

Struktur organisasi di maskud adalah struktur organisasi KPU dan Bawaslu, misalnya siapakah Siapakah ketua KPU hari ini, ketua Bawaslu RI hari ini, kemudian ketua DKPP (dewan Kehormatan Peyelenggara Pemilu), ketua KPU Provinsi di wilayah Anda, ketua Bawaslu Provinsi di wilayah Anda, ketua dan anggota KPU dan Bawaslu di Kabupaten Anda.

Pelajari tugas, wewenang, dan kewajiban PPK. Tugas dan wewenang PPK menjadi wajib karena terkait dengan tugas dan kewenangannya ketika nanti terpilih menjadi Anggota PPK.

Pelajari Undang-Undang tentang nomor: 7 tahun 2017 tentang Pemilihan Umum, Pasal 51, 52 dan 53, Pasal ini berkaitan dengan tugas dan wewenang PPK.
Pelajari dan pahami data-data terkait wilayah masing-masing, Seperti misalnya jumlah kecamatan dan jumlah desa/kelurahan di kabupaten dan Kota Anda.

Pelajari bagaimana pemungutan suara di tempat pemungutan suara dan rekapitulasi penghitungan suara di tingkat TPS sampai di tingkat PPK bagaimana dilaksanakan.

Pelajari UU 45 dan perubahan amandemennya, karena UU 45 merupakan dasar dari terbitnya semua undang-undang, termasuk undang-undang pemilu dan tata perundang undangan di Indonesia.

Link download tes wawancara

Klik LINK di sini.
Klik LINK di sini.

Berikut ulasan mengenai kisi-kisi Ssoal PPS 2024 dan link PDF. Selamat berlatih.***

Copy Editor: Riyaldi

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi YouTube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here