Sunday, 5 May 2024
HomeNasionalKolaborasi PKM Pesanggrahan dan RS Murni Teguh Ciledug di Hari Ibu

Kolaborasi PKM Pesanggrahan dan RS Murni Teguh Ciledug di Hari Ibu

Bogordaily.net – Bertepatan dengan Hari Ibu, dengan mengadakan Gerakan Nasional Ibu Hamil Sehat bertemakan “Pentingnya Periksa Antenatal Care pada Ibu Hamil dan Makanan Sehat untuk Ibu Hamil”.

Penyuluhan kesehatan gerakan ibu hamil sehat ini diisi oleh dr. Sanny Grace Octaviany, Sp.OG,M.kes (Dokter Obgyn dan Kandungan Rumah Sakit Murni Teguh Ciledug), Puji Sulistiorini, S.St, dan Zahra Thunzira, S.Gz.

Acara tersebut digelar di RPTRA Bhineka Jalan Swadarma Raya, RT.6/RW.4, Petukangan Utara, Pesanggrahan, Jakarta Selatan, pada Kamis 22 Desember 2022. Kegiatan ini diikuti ibu hamil sebanyak 50 orang dari perwakilan 5 kelurahan yang ada di Kecamatan Pesanggrahan, Jakarta Selatan.

Kepala Puskesmas Kecamatan Pesanggrahan, Jakarta Selatan, DKI Jakarta, Drg. Etrina Eriawati, M.Epid menyampaikan, bahwa dalam Gerakan Nasional Ibu Hamil Sehat, pihaknya memberikan tablet-tablet tambahan penambah darah serta memberikan menu sehat untuk ibu hamil guna masyarakat mendapatkan pelayanan kesehatan yang prima serta meningkatkan pengetahuan kesehatan masyarakat.

“Pemberian tablet ini penting untuk ibu hamil karena memiliki beberapa fungsi seperti menambah asupan nutrisi pada janin, mencegah anemia defisiensi zat besi ,mencegah pendarahan saat masa persalinan dan menurunkan risiko kematian pada ibu karena pendarahan pada saat persalinan,” kata Drg. Etrina Eriawati, M.Epid kepada Indonesiadaily.net saat ditemui di ruangannya.

Selain itu, acara dilanjutkan talk show edukasi tentang kesehatan dan makanan bergizi untuk ibu hamil. Kegiatan ini ditayangkan secara live di Instagram PKN Pesanggrahan @pkm_pesanggrahan.

Dalam kegiatan kesehatan ibu hamil ini, kata Drg. Etrina Eriawati, Puskesmas Pesanggrahan selalu berkolaborasi dengan Ciledug sebab pihaknya membutuhkan dokter spesialis untuk mengedukasi kesehatan tentang ibu hamil.

“Maka dari itu, kami menghubungi Ciledug, dan alhamdulilah mau berkolaborasi dalam kegiatan edukasi kesehatan ibu hamil melalui dr. Sanny Grace Octaviany, Sp.OG,M.Kes,” ucapnya.

Dengan adanya Gerakan Nasional Ibu Hamil, diharapkan bayi menjadi sehat yang merupakan cikal bakal Indonesia yang sehat. Karena jika dari kandungan bayi bermasalah, maka bisa mengakibatkan bayi yang bermasalah pula seperti kasus stunting bayi.

“Makanya, kita bekerja keras untuk menghindari supaya tidak terjadi stunting dan gizi buruk,” imbuhnya.

Diakuinya, selama hari-hari besar kesehatan seperti Imunisasi Dunia, Hari Lansia, Hari Kesehatan Nasional dan lainnya, pihaknya berharap Ciledug menjadi partner dalam mengedukasi kesehatan masyarakat khususnya di wilayah Pesanggrahan.

“Saya bersyukur sekali bisa bekerja sama dengan Ciledug dalam mendukung kegiatan kesehatan. Dengan adanya support dari Ciledug, semoga support kami terhadap masyarakat itu terus berjalan,” ungkapnya.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here