Kura-Kura Tertua di Dunia Rayakan Ultah ke 190 Tahun

Menu

Mode Gelap
Info Terkini Gempa, BMKG: Terjadi di Kepulauan Talaud Sulut dan China Harga Emas Antam Hari Ini, Senin 30 Januari 2023 Jadwal Layanan SIM Keliling di Kota Bogor, Senin 30 Januari 2023 Prakiraan Cuaca Kota Bogor Hari Ini Senin, 30 Januari 2023 Info Terkini Gempa Menurut BMKG, Sabtu 28  Januari 2023

Internasional · 8 Dec 2022 07:49 WIB

Kura-Kura Tertua di Dunia Rayakan Ultah ke 190 Tahun


 Jonathan, Kura-kura Tertua di Dunia Berulang Tahun. (kompas/Bogordaily.net) Perbesar

Jonathan, Kura-kura Tertua di Dunia Berulang Tahun. (kompas/Bogordaily.net)

IIMS

Bogordaily.net – Kura-kura tertua di dunia dalam sejarah, bernama Jonathan, merayakan ulang tahun (ultah) yang ke-190 pada 4 Desember lalu. Jonathan juga mendapat penghargaan dari Guinness World Record.

Tanggal pasti kelahirannya sebenarnya belum diketahui dengan jelas. Namun, November lalu, Nigel Phillips, gubernur wilayah luar negeri Inggris, menetapkan tanggal ulang tahun resmi yakni 4 Desember 1832 pada kura-kura tersebut.

Tanggal itu merupakan perkiraan waktu di mana ia menetas. Untuk merayakannya, sebuah pesta selama tiga hari diselenggarakan di rumahnya di pulau St. Helena, sebuah pulau di Samudra Atlantik Selatan.

Penduduk setempat bahkan diundang dalam acara yang diadakan di rumah gubernur. Tak lupa kue ulang tahun ramah kura-kura juga turut disajikan sebagai hidangan.

Ini menjadi penghormatan yang pantas untuk hewan darat hidup tertua di dunia, sekaligus kura-kura tertua dalam catatan manusia.

Mengutip IFL Science, Jonathan adalah kura-kura raksasa Seychelles (Aldabrachelys gigantea hololissa).

Usia Jonathan diperkirakan berdasarkan sebuah foto lama yang menunjukkan ketika ia tiba di St. Helena dari Seychelles pada tahun 1882. Tapi menurut Guinness World Records bisa saja usianya lebih tua dari perkiraan.

Dalam foto tersebut, Jonathan tampak dewasa sepenuhnya dan kemungkinan berumur 50 tahun, menunjukkan dia lahir setidaknya tahun 1832.

Kini di usianya yang ke 190 tahun, Jonathan dilaporkan buta karena katarak dan kehilangan indra penciuman, tetapi ia masih memiliki nafsu makan yang besar dengan makanan favoritnya pisang dan selada.

Rekor sebelumnya dipegang oleh kura-kura bernama Tu’i Malila, yang mati pada usia 188 tahun pada tahun 1965.

Secara teknis, Jonathan menerima penghargaan dari Guinness World Records sebagai hewan darat tertua hidup yang diketahui sekaligus Chelonian tertua yang pernah tercatat, ordo reptil bercangkang yang mencakup semua kura-kura, terrapin, dan penyu.

Jonathan diketahui menyukai berjemur dengan merentangkan leher dan kakinya yang panjang.

Namun saat cuaca dingin, ia lebih menyukai untuk bersembunyi di dedauan atau potongan rumput dan berdiam sepanjang hari.

Belum jelas bagaimana kura-kura seperti Jonathan bisa hidup begitu lama. Tetapi penelitian menunjukkan, kura-kura raksasa dapat dengan cepat membunuh sel-sel yang rusak dalam proses disebut apoptosis.

Proses itu dapat membantu melindungi mereka dari kerusakan sel-sel yang biasanya memburuk seiring bertambahnya usia. (*)

Copy Editor: Riyaldi

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi YouTube BogordailyTV

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Redaktur

Baca Lainnya

FPI-PA 212-GNPF akan Geruduk Kedubes Swedia dan Belanda

30 January 2023 - 10:01 WIB

Kedubes Swedia dan Belanda

Gempa M 5,9 Guncang Kampung Uighur China

30 January 2023 - 09:26 WIB

Gempa terjadi di China

Arkeolog Temukan Mumi Tertua Berlapis Emas, Lengkap di Mesir

29 January 2023 - 22:31 WIB

Mumi Tertua Berlapis emas

Bus Terjun ke Jurang di Peru, 25 Orang Tewas

29 January 2023 - 16:20 WIB

Lansia Pamijahan

Malaysia Diterjang Banjir, Belasan Ribu Warga Dievakuasi

27 January 2023 - 14:22 WIB

Seluas Kota London, Gunung Es di Antartika Pecah

26 January 2023 - 15:30 WIB

Gunung Es Antartika Pecah
Trending di Internasional