Friday, 19 April 2024
HomeKota BogorMahasiswa Unida Berikan Trauma Healing Kepada Anak Korban Gempa Cianjur

Mahasiswa Unida Berikan Trauma Healing Kepada Anak Korban Gempa Cianjur

Bogordaily.net – Mahasiswa Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) Universitas Djuanda () Bogor, memberikan kepada para anak korban gempa , Jawa Barat, Selasa 27 Desember 2022.

Saat pelaksanaannya, mahasiswa mengajak anak-anak beraktivitas ringan yang menggembirakan untuk menghilangkan rasa dalam diri mereka.

Sebanyak kurang lebih seratus anak korban gempa mendapat pendampingan psikososial oleh para mahasiswa. Mereka diajak berbagai aktivitas bermain, seperti menggambar, menyusun puzzle, bermain ular-ularan.

itu dilakukan atas dasar kepedulian mahasiswa untuk meminimalisir yang terjadi pada anak-anak korban bencana gempa .

“Mahasiswa mengajak anak-anak beraktivitas ringan yang menggembirakan untuk menghilangkan rasa dalam diri mereka. Di antaranya seperti jendela emosi, menggambar tempat yang menurut mereka adalah tempat yang membahagiakan,” kata Dosen Pembimbing PMM, Resti Yektyastuti, Selasa 27 Desember 2022

Resti mengatakan, sebelum terjun melaksanakan pendampingan psikososial, mahasiswa telah menerima pembelakalan dan pelatihan pendampingan psikososial dari narasumber ahli.

Melalui kegiatan ini, diharapkan dapat mengasah dan meningkatkan kepekaan sosial mahasiswa terhadap lingkungan sekitar terutama dalam konteks tanggap bencana seperti saat ini.

“Pendampingan psikososial yang dilaksanakan para mahasiswa ini merupakan rangkaian kontribusi sosial modul nusantara program PMM. Kegiatan ini mendapatkan dukungan penuh dari Kemendikbudristek,” jelas Resti.

Lebih lanjut dia menerangkan, sebagai bentuk tanggap bencana, sejak satu bulan sebelumnya mahasiswa juga telah mulai melakukan penggalangan dana, persiapan pembelanjaan bantuan (pangan, tenda darurat, obat-obatan dan pakaian), hingga penyaluran bantuan ke lokasi terdampak gempa.

“Hal ini menjadi penambah semangat para mahasiswa program PMM untuk terus memberikan kepedulian kepada masyarakat,” tutup Resti.

(Muhammad Irfan Ramadan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here