Thursday, 2 May 2024
HomeNasionalMantan Dubes RI Sri Astari Rasjid Meninggal Dunia

Mantan Dubes RI Sri Astari Rasjid Meninggal Dunia

Bogordaily.net – Seniman Tanah Air Thailand. yang juga mantan Duta Besar (Dubes) RI untuk Bulgaria, Albania, Makedonia , Minggu, 11 Desember 2022 malam.

Astari Rasjid kabarnya di Farrer Park Hospital, Singapura pada Minggu, 11 Desember 2022 sekitar pukul 19.49 waktu setempat pada usia 69 tahun.

Kabat meninggalnya diketahui dari akun Instagram Butet Kartaredjasa pada Minggu malam.

“SELAMAT JALAN ASTARI. Sore tadi jam 17.36 saya kirim video ke mbak Astari, dorong dia supaya optimis dapet keajaiban. Eh jam 19.48 waktu singapur mbak Astari pulang temukan kita,” tulis Butet di akun Instagram @masbutet.

Jenazah Astari sebagaimana dilansir Bisnis.com akan dibawa pulang ke Indonesia dan disemayamkan di rumah duka sebelum dimakamkan di San Diego Hills, Karawang, Jawa Barat.

Dilansir laman Wikipedia, Astari lahir pada 26 Maret 1953. Ia dikenal sebagai seniman yang berkarya dalam seni lukis dan seni patung. Astari dilantik Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) untuk memperluas Duta Besar Indonesia ke Bulgaria merangkap Albania dan Makedonia Utara sejak 2016 hingga 2020.

Astari merupakan istri dari Haroen Al Rasjid, Presiden Direktur PT Caltex Pacific Indonesia (CPI) periode 1977-1994 dan Presiden Komisaris PT CPI periode 1994-2003, dan memiliki empat orang anak.

. (Instagram/@astarirasjid/Bogordaily.net)

Pada tahun 1973, ia mengenyam pendidikan di jurusan Sastra Inggris di Universitas Indonesia dan melanjutkan pendidikan Advanced Painting di Universitas Minnesota, AS. Pada tahun 1988, ia mengikuti Painting Course di Royal College of Art di London, Britania Raya. Astari telah meraih penghargaan, di antaranya Philip Morris Indonesian Art Awards VI (1999).

Astari menerima penghargaan bintang Madara Horseman-1st Degree dari Presiden Bulgaria, Rumen Radev pada 25 Juni 2020.***

Copy Editor: Riyaldi

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi YouTube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here