Wednesday, 26 June 2024
HomeBeritaMata Lelah? Coba Deh Atasi dengan Cara Ini

Mata Lelah? Coba Deh Atasi dengan Cara Ini

Bogordaily.net – Mata lelah adalah gangguan yang terjadi akibat mata terlalu dipaksa untuk bekerja tanpa istirahat. Biasanya hal ini disebabkan oleh terlalu menatap layar komputer atau gadget dan penyebabnya bisa karena seperti mengendarai kendaraan dalam jarak jauh, paparan cahaya terlalu terang hingga presbiopi pada usia lanjut.

Kondisi ini dapat menimbulkan rasa tidak nyaman, meskipun pada umumnya tidak berbahaya tetapi dapat menjadi pertanda adanya gangguan penglihatan yang juga membutuhkan penanganan lebih lanjut oleh dokter.

Beberapa gejala yang ditimbulkan dari mata lelah antara lain mata terasa nyeri, perih, gatal, berair, pandangan kabur, sensitif terhadap cahaya, dan sulit berkonsentrasi. Gejala mata lelah ini juga bisa menyebar ke bagian tubuh yang lain seperti nyeri bahu, leher, punggung dan sakit kepala.

Jika kurang tidur, mata lelah juga bisa menurunkan produktivitas dan masalah kesehatan yang lebih serius lainnya. Dilansir YourSay.id dari laman Aladokter berikut berikut cara mengatasi mata lelah:

pencahayaan dan posisi layar komputer

Atur pencahayaan pada komputer atau gadget yang digunakan. Pastikan menjaga jarak pandang yang aman antara mata dengan layar gawai yang digunakan yakni sekitar 50-66 cm. Selain itu, juga bisa menggunakan kursi yang dapat disesuaikan posisinya agar jarak mata dan layar komputer tetap bisa dijaga.

pencahayaan ruangan

Pencahayaan pada ruangan juga perlu diatur supaya tidak terlalu terang dan membuat mata silau. Jika menggunakan lampu atau ruangan lampu meja yang cukup terang ini bisa menurunkan tingkat pencahayaan di komputer atau gadget.

Mengistirahatkan mata

Mata juga harus diistirahatkan. Jangan terus menerus menggunakan komputer atau gawai. Apabila setiap 20 menit bekerja, harus berusaha mengistirahatkan mata setidaknya selama 20 detik.

Melakukan perawatan mata secara berkala

Saat mengalami mata lelah, hal ini juga bisa dicegah dengan melakukan perawatan seperti mengompres mata dengan kain yang telah dibasahi air hangat. Selain itu, bisa juga menggunakan obat tetes mata untuk menyegarkan mata yang kering.***

Copy Editor: Riyaldi

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi YouTube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here