Friday, 3 May 2024
HomeBeritaMengenal Panic Attack, Gangguan yang Dialami Kapan Saja

Mengenal Panic Attack, Gangguan yang Dialami Kapan Saja

Bogordaily.net–  atau serangan panik merupakan kemunculan rasa takut atau gelisah yang berlebihan secara tiba-tiba tanpa sebab yang jelas. Serangan panik ditandai dengan detak jantung yang bertambah cepat, napas pendek, pusing, tegang otot, atau gemetar. Kondisi ini bisa terjadi kapan pun, baik saat sedang beraktivitas maupun ketika beristirahat.

Mengutip Aladokter.com, serangan panik atau terjadi sesekali dan biasanya hilang dengan sendirinya bila situasi yang memicunya berakhir. Namun, serangan panik juga dapat terjadi secara berulang dalam jangka waktu lama. Kondisi tersebut dikenal dengan istilah gangguan panik.

Saat seseorang mengalami serangan panik, otak memerintahkan sistem saraf untuk merespons dengan melawan atau menghindar (fight or flight). Tubuh kemudian akan menghasilkan zat kimia, seperti adrenalin, yang memicu peningkatan detak jantung, frekuensi napas, dan aliran darah ke otot.

Serangan panik muncul saat tubuh mempersiapkan respons untuk melawan atau menghindar meski tidak ada situasi yang genting atau berbahaya. Seseorang bahkan dapat mengalami kondisi ini dalam situasi yang tidak terduga, misalnya ketika sedang menonton televisi atau tertidur.

Belum diketahui secara pasti penyebab dari serangan panik. Namun, ada faktor-faktor yang dapat meningkatkan risiko seseorang mengalami kondisi ini, di antaranya stres berkelanjutan yang menyebabkan tubuh memproduksi lebih banyak zat kimia pemicu stres, trauma atau pengalaman yang membuat diri sangat tertekan, pengendalian amarah yang buruk sehingga lebih rentan mengalami stres, perubahan suasana secara tiba-tiba maupun mengalami sensory overload, masalah kehidupan faktor genetik atau riwayat serangan panik dalam keluarga, perubahan tertentu pada fungsi di beberapa bagian otak, konsumsi minuman berkafein berlebihan, aktivitas fisik yang terlalu berat.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here