Thursday, 2 May 2024
HomeBeritaMerokok Bisa Tingkatkan Resiko Penurunan Daya Ingat

Merokok Bisa Tingkatkan Resiko Penurunan Daya Ingat

Bogordaily.net – Studi yang dipublikasikan dalam Journal of Alzheimer's Disease menemukan kebiasaan berkaitan dengan masalah dan penurunan kognitif. Efek ini bisa terlihat di rentang usia paruh baya.

Penelitian ini melibatkan lebih dari 135 ribu orang berusia lebih dari 45 tahun. Selama studi, mereka diminta untuk memberi tahu soal kebiasaan yang mereka lakukan.

Tim peneliti juga melakukan analisis terhadap masalah dan fungsi kognitif yang dialami oleh para partisipan. Tim peneliti lalu membandingkan kondisi penurunan subjective cognitive decline (SCD) pada tiga macam partisipan.

Ketiga macam partisipan tersebut adalah partisipan yang masih menjadi perokok, partisipan yang baru berhenti , dan partisipan yang sudah lama berhenti .

Hasil studi menunjukkan prevalensi SCD di antara para perokok 1,9 kali lebih besar dibandingkan non perokok.

Selain itu, prevalensi SCD orang yang berhenti kurang dari 10 tahun lalu adalah 1,5 kali lebih besar dibandingkan non perokok.

SCD merupakan kondisi ketika seseorang merasakan adanya penurunan . SCD bisa dikatakan sebagai bentuk gangguan kognitif dan dapat menjadi salah satu gejala awal dari penyakit Alzheimer atau penyakit demensia lain.

“Mereka yang berhenti lebih dari 10 tahun sebelum survei dilakukan memiliki prevalensi SCD sedikit lebih besar dibandingkan kelompok non perokok,” ungkap tim peneliti.

Berdasarkan temuan ini, kebiasaan tampak berkaitan dengan risiko terjadinya SCD. Akan tetapi, berhenti bisa cukup membantu dalam menurunkan risiko tersebut.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here