Saturday, 20 April 2024
HomeNasionalMurni Teguh Hospitals-Elekta Indonesia Teken MoU, Hadirkan Teknologi Canggih Obati Kanker

Murni Teguh Hospitals-Elekta Indonesia Teken MoU, Hadirkan Teknologi Canggih Obati Kanker

Bogordaily.net dan Elekta Indonesia sepakat meneken nota kerjasama untuk pengobatan kanker di Indonesia.

Salah satunya dengan menghadirkan onkologi yang memiliki teknologi terkini untuk pengobatan kanker.

Presiden Direktur PT Murni Sadar Tbk (MTMH) Mutiara mengatakan, merupakan rumah sakit dengan keunggulan pada bidang onkologi (kanker) dan kardiovaskuler sebagai fokus utama dan saat ini tengah melakukan pengembangan di bidang radioterapi.

“Hal ini selaras dengan program pemerintah yaitu transformasi teknologi kesehatan dengan menyediakan teknologi terkini dan memberikan pelayanan berkualitas di dalam negeri sehingga masyarakat tidak perlu keluar negeri untuk berobat kanker,” ujar Mutiara pada Press Conference Strategic Partnership & di JW Marriot Medan, Jumat (9/12/2022).

Di samping itu, Mutiara mengungkapkan bahwa pasien yang setiap hari datang berobat dan rawat inap (opname) lebih kurang mencapai 150 hingga 200 pasien, dan 70 persen dari pasien opname di merupakan pasien kanker.

“Kalau pasien yang datang untuk melakukan radioterapi perharinya bisa mencapai 150 orang, dan pasien yang melakukan kemoterapi mencapai sekitar 30 sampai 70 orang,” jelas Mutiara.

Berdasarkan data dari Profil Kesehatan Indonesia tahun 2021, total kasus kanker mencapai 2.595.520, dan salah satu cara penanganannya adalah dengan radiotheraphy/radioterapi.

Terapi radiasi adalah pengobatan kanker yang menggunakan energi bertarget dosis tinggi untuk membunuh sel kanker dan mengecilkan tumor. Terapi radiasi paling sering menggunakan sinar-X maupun radioaktif serta partikel berenergi tinggi lainnya. Jenis utama radioterapi adalah external beam radiation therapy (EBT) dan internal radiation therapy (brachytherapy).

Teknologi terkini dari external beam radiation therapy (EBT) dan internal radiation therapy (brachytherapy) ada pada tehnik yang sangat lengkap, dari teknik sederhana sampai kompleks untuk menangani kasus kanker agar mendapatkan hasil yang lebih akurat dan presesi dalam membunuh sel kanker dengan minimum dosis di organ at risk sehingga meminimalisir adanya efek samping jangka pendek atau pun jangka panjang.

Elekta Senior Vice President Asia Pacific Japan Marco Lee mengatakan dalam menghadapi kanker, penyebaran fasilitas onkologi secara merata sangatlah penting.

Menurut Marco, Elektra memiliki tanggung jawab untuk mendukung dan akan mengambil peran dengan memberikan solusi inovatif baru untuk perawatan kanker.

“Dan kami bangga dapat mendukung dalam menghadirkan fasilitas pelayanan onkologi dengan teknologi terkini untuk pengobatan kanker di Indonesia,” sambungnya.

Marco menjabarkan visi Elektra adalah terwujudnya dunia yang memberikan akses terhadap perawatan kanker terbaik bagi setiap orang.

Dan untuk mencapai visi tersebut, Elektra mengupayakannya melalui misi meningkatkan kualitas hidup pasien yang dilakukan secara strategis bersama mitra, seperti yang tengah dilakukan dengan .

Selain itu, Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan Kota Medan Surya Syahputra Pulungan menambahkan bahwa dengan semakin pesatnya perkembangan teknologi, terutama terkait penanganan kanker. Penyakit kanker dapat ditangani dengan baik sehingga dapat meningkatkan angka kesembuhan pasien.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here