Tuesday, 23 April 2024
HomeBeritaNgeri! Negara Eropa Ini Bakal Kena Resesi Sampai 2024

Ngeri! Negara Eropa Ini Bakal Kena Resesi Sampai 2024

Bogordaily.net– Salah satu negara di Eropa diprediksi akan mengalami dengan waktu yang lama. Negara tersebut yakni , yang diperkirakan akan memasuki hingga 2024.

Dilansir CNBC Indonesia, Menteri Keuangan Elisabeth Svantesson mengatakan hal ini terjadi lantaran melonjaknya harga energi yang mendorong inflasi, sehingga memukul rumah tangga dan bisnis.

Dari data terbaru, Produk Domestik Bruto (PDB) diperkirakan akan berkontraksi sebesar 0,7% pada 2023, dibandingkan dengan perkiraan November untuk penurunan 0,4%. Sementara inflasi utama diperkirakan sebesar 6% tahun depan, naik dari perkiraan awal 5,2%.

“Saya mengatakan pada Oktober bahwa sedang menuju musim dingin ekonomi dan apa yang kita lihat sekarang adalah musim dingin terlihat lebih berlarut-larut dari yang kita duga,” kata Elisabeth Svantesson dalam konferensi pers mengutip Reuters, Kamis 22 Desember 2022.

“Perkembangan yang lemah… sepertinya tidak akan mencapai titik terendah hingga tahun 2024,” lanjutnya.

Sementara itu ekonomi terlihat tumbuh hanya 1% pada 2024, turun dari 2% pada perkiraan sebelumnya. Ini terjadi sebelum ekonomi pulih ke pertumbuhan 2,7% pada 2025, menurut prediksi kementerian tersebut.

Rumah tangga pun menjadi semakin suram dalam beberapa bulan terakhir. Mereka dilanda inflasi, kenaikan biaya hipotek, dan harga listrik yang mencapai rekor tertinggi. Tingkat kepercayaan konsumen pada November juga mendekati rekor terendah.

“Penting untuk mengatakan bahwa saat ini, kita tidak sedang melihat krisis ekonomi, kita sedang melihat krisis energi. Banyak orang benar-benar berjuang… tetapi perekonomian secara keseluruhan tidak,” jelasnya.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here