Thursday, 25 April 2024
HomePolitikNomor Urut Parpol Peserta Pemilu 2024 Tetap Diundi, Kapan?

Nomor Urut Parpol Peserta Pemilu 2024 Tetap Diundi, Kapan?

Bogordaily.net–  Proses tahapan Pemilihan Umum atau tidak mengalami perubahan. Pada 14 Desember 2022 nanti tetap menerapkan kepesertaan parpol peserta pemilu hingga melakukan pengundian nomor urut parpol peserta pemilu.

Hal tersebut diungkapkan Anggota Komisi Pemilihan Umum () RI, Idham Holik dalam sebuah diskusi bertajuk ‘Partai Baru vs Partai Lama: Dinamika Pendaftaran, Verifikasi, Partai Politik Peserta ' yang digelar Senin, 5 Desember 2022.

“Pertama, yang jelas tanggal 14 Desember 2022, sampai saat ini tidak ada perubahan. Di tanggal 14 Desember 2022 tersebut, kami akan menerapkan kepesertaan parpol peserta pemilu,” ujar Idham dilansir Suara.com.

Menurut Idham, pihaknya akan tetap melakukan pengundian terhadap nomor urut peserta . Nantinya akan diumumkan pada hari yang sama.

“Kedua, kami akan melakukan pengundian nomor urut parpol peserta pemilu. Yang ketiga kami akan mengumumkan di hari yang sama di tanggal 14 Desember 2022,” jelas Idham.

Ia pun mengajak semua pihak untuk bisa memantau semua proses tahapan di . Terlebih pada 14 Desember 2022 nanti.

“Karena ini momen bersejarah bagi bangsa dan negara Indonesia. Karena kita ketahui, peserta pemilu adalah Parpol untuk pemilu legislatif 2024,” tuturnya.

Sebelumnya Menteri Dalam Negeri atau Mendagri Tito Karnavian, angkat bicara soal wacana nomor urut peserta tak perlu diubah atau diundi untuk dimasukan ke rancangan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) Pemilu.

Hal tersebut kata dia tidak menjadi hal yang subtantif untuk dimasukan ke Perppu Pemilu. Namun, jika semua pihak seperti , hingga DPR sepakat, maka pemerintah akan melakukan hal yang sama.

“Iya bukan substantif, tapi kalau memang disepakati Bawaslu, DKPP, DPR, kenapa juga pemerintah gak sepakat. Pendapat saya itu baik juga,” kata Tito di Kompleks Parlemen, Senayan, beberapa waktu lalu.

Nantinya kata Tito pemerintah akan membahas lebih lanjut soal wacana nomor urut tersebut.

“Itu kan baru di tingkat teknis, tapi kan saya harus bicarakan di tingkat pemerintah juga,” imbuhnya.***

Copy Editor: Riyaldi

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi YouTube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here