Pakai Ramuan Alami, Ini Cara Menghilangkan Kutu Rambut  

Ilustrasi rambut (Pixabay/Suara.com/Bogordaily.net)
IIMS

Bogordaily.net–  Kutu rambut cukup mengganggu karena membuat kulit kepala gatal. Kutu rambut paling sering menyerang anak-anak. Penularannya bisa dari teman maupun kebersihan rambut dan kulit kepala yang tidak terjaga. Berikut cara menghilangkan kutu rambut dengan cara alami sebagaimana dilansir dari laman Halodoc.com.

Minyak kelapa

Minyak kelapa baik untuk kesehatan rambut. Salah satunya untuk menghilangkan kutu pada rambut. Selain itu, jenis minyak ini juga memiliki aroma yang tidak terlalu tajam. Akan tetapi, minyak kelapa memiliki tekstur yang tidak terlalu lengket, sehingga beberapa kutu rambut mungkin tidak sepenuhnya mati saat kamu menggunakannya pada kulit kepala.

Minyak jelantah

Selain minyak kelapa, kamu juga bisa menggunakan minyak jelantah sebagai cara untuk menghilangkan kutu rambut di kulit kepala. Minyak jelantah merupakan minyak goreng yang sudah terpakai beberapa kali. Hal tersebut akan membuat minyak goreng memiliki warna cokelat pekat dengan tekstur yang lengket.

Tak hanya itu, minyak jelantah juga memiliki aroma yang sangat beragam, bergantung pada pemakaiannya. Bisa jadi aroma gurih, manis, atau bahkan tengik. Minyak jelantah bisa kamu pakai untuk membasmi kutu rambut dengan membalur pada rambut dan kulit kepala. Lalu, diamkan selama sekitar 10 menit.

Campuran minyak esensial

Kalua tidak nyaman dengan aroma dan tekstur lengket dari minyak jelantah atau minyak kelapa, Anda bisa mencoba menghilangkan kutu pada rambut dengan mencampurkan beberapa minyak esensial. Misalnya minyak pohon teh yang memang efektif sebagai obat kutu rambut alami.

Campurkan beberapa tetes minyak pohon teh dengan air hangat dalam botol spray, lalu semprotkan ke rambut dan kulit kepala secara merata. Selain minyak pohon teh, jenis minyak esensial lain yang dapat kamu pakai adalah minyak bunga kenanga. Buat campuran dengan minyak pohon teh dan gunakan untuk menghilangkan kutu rambut.

Campuran garam dan cuka

Cuka dapat menghilangkan efek lengket yang ada pada kutu rambut, sedangkan garam dapat membuat kutu mengalami dehidrasi. Coba campurkan garam dan cuka untuk mengusir kutu rambut. Buat campuran pada botol supaya kedua bahan tersebut dapat larut sepenuhnya. Setelah itu, semprotkan campuran tersebut pada helai rambut dan kulit kepala sampai rata.  Tunggu sekitar 5-7 menit, lalu sisir rambut dengan sisir serit atau sisir khusus kutu sebelum mencucinya dengan sampo.***

Copy Editor: Riyaldi

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi YouTube BogordailyTV

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *