Saturday, 20 April 2024
HomeKabupaten BogorPeduli Kebersihan, Pemkab Bogor Berikan Penghargaan Kampung Ramah Lingkungan 2022

Peduli Kebersihan, Pemkab Bogor Berikan Penghargaan Kampung Ramah Lingkungan 2022

Bogordaily.net – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor berikan Penghargaan Ramah Lingkungan 2022, sebagai bentuk apresiasi terhadap para pelaku peduli lingkungan di . Acara tersebut digelar di Lapangan Tegar Beriman Cibinong, Kamis 1 November 2022.

Berbagai kegiatan lingkungan tengah dilaksanakan Pemerintah antara lain pengelolaan sampah, perbaikan sanitasi, penataan lingkungan, penanaman pohon, pembuatan lubang biopori, mitigasi dan adaptasi lingkungan, serta mendorong pemanfaatan potensi serta kearifan lokal untuk meningkatkan ekonomi masyarakat sekaligus menjaga ketahanan lingkungan secara berkesinambungan.

Plt. Bupati Bogor, Iwan Setiawan mengungkapkan, peningkatan kualitas lingkungan hidup merupakan bagian dari Pemerintah .

Untuk itu dibutuhkan peran serta sinergi dan kolaborasi antara pemerintah bersama para stakeholder dan elemen masyarakat untuk mengatasi beragam permasalahan lingkungan.

“Intinya kami ingin memberikan bagaimana pemerintah itu hadir di tengah-tengah masyarakat yang mencintai lingkungan di berbagai sektor, masyarakat yang peduli terhadap kebersihannya, disitu kita bisa menjadikan kontrol sosial terhadap lingkungan,” kata Iwan Setiawan, Kamis 1 Desember 2022.

Kemudian kata Iwan, program pada dasarnya merefleksikan harapan dan tujuan kita bersama dalam mewujudkan kelestarian dan kebersihan lingkungan serta merefleksikan keprihatinan kita atas isu-isu global maupun regional seperti perubahan iklim, bencana alam, dan kerusakan lingkungan yang terjadi karena kelalaian manusia.

Tak luput, ia juga memberikan apresiai kepada seluruh elemen Dinas Lingkungan Hidup (DLH) , yang telah berhasil membuat kegiatan .

“Ini adalah bukti apresiasi kita terhadap para penggiat lingkungan. Kedepan saya berharap esensi atau intisari dari diperingatinya kegiatan hari ini,” jelasnya.

Ditempat yang sama, Kepala Dinas Lingkungah Hidup , Ade Yana Mulyana menjelaskan, terdapat beberapa ketegori nominasi pada kegiatan penghargaan KRL Tahun 2022 kali ini, pertama nominasi KRL berjumlah 158 penggiat , nominasi Sekolah Adiwiyata tingkat kabupaten sebanyak 31 sekolah.

Kemudian kategori Desa Ramah Lingkungan, nominasi Kecamatan Ramah Lingkungan. Selanjutnya, nominasi pelestari situs, penggiat pengelolaan sampah dan Satgas Teladan.

Menurutnya, untuk kategori yang mendapatkan penghargaan dari pemerintah pusat atau pemerintah provinsi, terdiri dari  Sekolah Adiwiyata tingkat nasional sebanyak 8 sekolah, Sekolah Adiwiyata tingkat provinsi sebanyak 28 sekolah.

Lalu Kampung Proklim utama penerima trophy sebanyak 1 Kampung Proklim dan Kampung Proklim Utama penerima trophy sebanyak 3 Kampung Proklim.

“Terima kasih pula saya ucapkan kepada pelaku usaha yang telah banyak membantu dalam kegiatan pengelolaan lingkungan hidup khususnya dalam peningkatan peran serta masyarakat dan pendidikan di ,” ujar Ade Yana.

(Albin Pandita)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here