Sunday, 5 May 2024
HomeKota BogorPeduli Sesama, RS AZRA Gelar Donor Darah Bersama Unit Donor Darah PMI

Peduli Sesama, RS AZRA Gelar Donor Darah Bersama Unit Donor Darah PMI

Bogordaily.net – Humas Marketing RS AZRA bekerja sama dengan UDD (Unit ) PMI Kota Bogor menggelar kegiatan sosial di Gedung B Lantai 1 Ruangan Training Center RS AZRA.

Koordinaor Humas dan Marketing Mutiara Mardijjah mengatakan, kegiatan menjadi kegiatan yang rutin digelar oleh Humas Marketing setiap 3 bulan.

“Kegiatan yang bekerja sama dengan UDD PMI Kota Bogor merupakan salah satu kegiatan sosial  untuk menebarkan kebaikan kepada sesama tanpa membedakan ras dan golongan dan sebagai salah satu bentuk pelayanan dan kepedulian kami kepada warga Kota Bogor” Ujar Mutiara.

merupakan salah satu kegiatan sosial  yang tidak hanya bermanfaat untuk membantu orang lain yang membutuhkan transfusi darah tetapi juga untuk pendonor itu sendiri.

Ada beberapa manfaat bagi penerima dan pendonor salah satu diantaranya adalah bagi penerima bisa menyelamatkan 3 nyawa, membantu korban kecelakaan yang banyak kehilangan darah dan sebagainya.

Sedangkan bagi pendonor manfaatnya adalah menurunkan risiko penyakit jantung, menurunkan kadar zat besi dalam tubuh, melancarkan sirkulasi darah dan sebagainya.

Akan tetapi tidak semua orang dapat memberikan dan menerima darah, semua ada proses pemeriksaannya terlebih dahulu untuk memastikan pendonor dalam kondisi yang fit. Serta bagi penerima donor apakah darah yang didonorkan sudah sesuai dengan yang dibutuhkan.

Acara dimulai pada pukul 08.00-selesai dengan kuota 60 kantong. kali ini diselengggarakan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan bagi petugas dari PMI, RS AZRA, maupun pendonor.

Peserta di dominasi oleh karyawan RS AZRA karena dilakukan saat hari biasa / weekday. Ada sekitar 67 peserta yang daftar.

Sebelum dilakukan ada skirining terlebih dahulu oleh petugas Palang Merah Indonesia (PMI) sehingga tidak semua orang dapat memberikan dan menerima darah, semua ada proses pemeriksaannya terlebih dahulu untuk memastikan pendonor dalam kondisi yang fit.

Total peserta yang mendaftar ada 67 peserta namun yang berhasil lolos untuk ada 59 peserta.

Beberapa penyebab belum berhasil lolos untuk donor darah yaitu HB rendah/tinggi, tekanan darah rendah, dan beberapa alasan lainnya. Seperti kegiatan donor darah yang rutin dilakukan oleh RS Azra dengan PMI Bogor, panitia selalu menginformasikan jenis darah yang dibutuhkan dalam kegiatan donor darah. Kali ini semua jenis darah (A, B, AB dan O) dipersilahkan untuk mendonorkan darah.

“Kami ucapkan terima kasih kepada masyarakat dan karyawan sudah ikut serta dalam kegiatan sosial donor darah, semoga kita sehat selalu dan bisa bermanfaat dengan sesama” Ujar Mutiara. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here