Thursday, 2 May 2024
HomeBeritaPelatih Brunei Serang Shin Tae Yong, Wasit Dianggap Main Mata

Pelatih Brunei Serang Shin Tae Yong, Wasit Dianggap Main Mata

Bogordaily.net – Pelatih Brunei Darussalam, Mario Rivera, mengungkapkan kekesalannya setelah timnya kalah 0-7 dari Indonesia di laga lanjutan Grup A Piala AFF 2022, Senin 26 Desember 2022 malam WIB. Wasit Kim Hee-gon dan hakim haris Kang Dong Ho dianggap mendukung Indonesia dan main mata dengan Shin Tae-yong.

Bahkan ia menuduh wasit dan hakim garis yang kebetulan asal Korea Selatan, bakal ditraktir pelatih Indonesia, Shin Tae-yong, kelar pertandingan.

Dalam laga tersebut, Indonesia mampu mendominasi penuh pertandingan.

Terlebih lagi, salah satu pemain Brunei Darussalam, Alinur Rashimy Jufri, harus diganjar kartu merah pada menit ke-38. Alhasil, Brunei bermain dengan 10 orang dan pasukan Shin Tae-yong sukses mengontrol laga.

Usai pertandingan, Mario Rivera mengatakan tidak senang dengan kepemimpinan wasit Kim Hee-gon dalam laga tersebut.

Pelatih berpaspor Spanyol itu menyindir tindakan Shin Tae-yong dan hakim garis Kang Dong-ho yang tertawa bersama saat pertandingan berlangsung.

Alasannya, mereka berkali-kali terkesan mendesak kiper Brunei untuk menendang bola lebih cepat di babak pertama. Selalu itu, mereka terlihat tertawa dengan STY, seolah sebagai teman dekat.

Dikutip dari Media Vietnam, Tuoitre, pada menit ke-5, wasit garis tertawa dengan pelatih Indonesia Shin Tae Yong.

Hal itu dinilai tidak menghormati pertandingan dan para pemain.

“Karena mereka sama-sama orang Korea, mereka dapat berbicara satu sama lain, tetapi mereka tidak boleh saling menertawakan. Mungkin kemudian mereka akan bertemu di restoran Korea dan ditraktir oleh pelatih Shin Tae Yong. Bagi saya, ini tidak bisa diterima,” kata Mario Rivera.

Selain itu, pemberian kartu merah ke Brunei juga sangat aneh.

“Sebelum kartu merah, kami bisa bermain melawan Indonesia dan para pemain menunjukkan permainan yang bagus. Kemudian wasit merusak permainan karena itu bukan kesalahan. Mungkin dia senang sekarang. Pencopotan satu pemain membuat 22 orang lainnya menangis di ruang ganti,” kata dia.

Kekalahan ini membuat Brunei Darussalam mendekam di dasar klasemen Grup A Piala AFF 2022 dengan nol poin. Brunei Darusaalam pun menjadi negara pertama yang tersingkir dari Piala AFF 2022.

Selanjutnya, Mario Rivera dan pasukannya akan berhadapan dengan Kamboja di Morodok Techo National Stadium, Phnom Penh, Kamboja pada Kamis 29 Desember 2022. Sementara itu di hari yang sama, Indonesia bersua Thailand.

Laga Indonesia vs Thailand dilangsungkan di Stadion Utama Gelora Bung Karno mulai pukul 16.30 WIB. Jika menang atas Thailand, Indonesia dipastikan lolos ke semifinal Piala AFF 2022.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here