Friday, 26 April 2024
HomeBeritaPenyebab Sering Mengalami Gejala Kesemutan, Waspada Penyakit Ini

Penyebab Sering Mengalami Gejala Kesemutan, Waspada Penyakit Ini

Bogordaily.net – Hampir setiap orang pernah mengalami sensasi menggelitik, seperti kebas atau mati rasa, dan bagaikan ditusuk-tusuk jarum, yang datang tiba-tiba di tangan atau kaki. Berikut penyebab sering mengalami kesemutan yang perlu kalian ketahui.

Menurut data kesehatan yang dipublikasikan oleh Nerve and Vascular Injuries in Sports Medicine, kesemutan adalah kondisi yang biasa dialami oleh siapa saja, terutama pada para atlet. Namun, apabila hal tersebut sering terjadi, bisa jadi ini disebabkan gejala dari penyakit tertentu.

Untuk kondisi ringan tangan kesemutan terjadi karena tekanan saraf kaku ketika menyilangkan tangan atau kaki terlalu lama. Ini bisa ditangani dengan menghilangkan tekanan tersebut.

Lantas, mengapa tangan, kaki, dan anggota tubuh lainnya bisa kesemutan? Berikut ini sederet penyebab kesemutan yang terjadi pada tubuh manusia.

1. Diabetes

Sekitar 30 persen pengidap diabetes kerap mengalami kondisi tangan kesemutan. Pada seseorang yang mengidap diabetes, kesemutan umumnya terasa di kaki lalu naik ke tangan. Sekitar dua pertiga dari pengidap diabetes memiliki kerusakan saraf yang ringan hingga parah.

2. Stroke

Seseorang yang merasakan tangan kesemutan hingga mati rasa, dapat menjadi tanda stroke. Tanda lainnya apabila kamu mengidap penyakit stroke adalah kesulitan untuk berbicara atau memahami obrolan orang lain, pusing mendadak, atau kehilangan keseimbangan.

Di samping itu, gejala lainnya adalah sakit kepala yang parah dan bermasalah pada salah satu atau kedua mata.

3. Saraf Terjepit

Saraf terjepit juga dapat menyebabkan kesemutan pada leher, punggung, tangan, hingga kaki. Saraf terjepit dapat terjadi karena cedera, postur tubuh yang buruk, hingga radang sendi. Selain tangan kesemutan, cedera dapat menyebabkan gangguan saraf dan menimbulkan rasa nyeri pada pengidapnya.

4.Penyakit Carpal Tunnel

Penyakit carpal tunnel merupakan sebuah penyakit yang terjadi karena gerakan berulang atau getaran yang akhirnya menekan saraf di pergelangan tangan kamu. Hal tersebut dapat menyebabkan tangan kesemutan.

Selain itu, gerakan yang berulang tersebut bisa mengakibatkan jaringan di sekitar saraf tangan membengkak dan menekan saraf. Pada akhirnya, tekanan tersebut dapat menyebabkan kesemutan disertai dengan mati rasa, terasa sakit, dan salah satu tangan menjadi lemah.

5. Kekurangan vitamin

Ternyata tubuh kekurangan vitamin B1, B6, B12 dapat berdampak pada kesehatan saraf Anda. Akibatnya Anda akan lebih sering mengalami rasa kebas serta sensasi menggelitik terutama pada tangan dan kaki.

Anda perlu segera mengatasi kondisi tersebut untuk mencegah kerusakan saraf yang menimbulkan mati rasa. Cara menghilangkan kesemutan di tangan akibat defisiensi vitamin adalah dengan mengkonsumsi makanan sumber vitamin B kompleks.(*)

Copy Editor: Riyaldi

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi YouTube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here