Friday, 29 March 2024
HomeBeritaPeringatan Tsunami Dicabut setelah Gempa Berkekuatan 7,3 di Samoa Amerika

Peringatan Tsunami Dicabut setelah Gempa Berkekuatan 7,3 di Samoa Amerika

Bogordaily.net – Peringatan yang dikeluarkan untuk Tonga dan menyusul gempa berkekuatan 7,3 di laut sekitar 211 km dari ibu kota, Jumat malam, 11 November 2022, resmi dicabut.

Gempa tersebut terjadi di bawah laut sekitar 269,2 km (167,3 mil) selatan-barat daya Tafuna di Samoa Amerika pada kedalaman 36 km (22,4 mil), menurut Survei Geologi Amerika Serikat.

Berdasarkan semua data yang tersedia, tidak ada lagi ancaman ke Samoa Amerika akibat gempa ini,” kata Pusat Peringatan Pasifik, melansir Reuters 5 Desember.

Pusat gempa berada sekitar 108 km (67 mil) utara-timur laut Hihifo di Tonga. Tidak lama setelah gempa, Pusat Peringatan Pasifik mengeluarkan peringatan untuk wilayah Samoa Amerika. Namun, peringatan dicabut setelah tidak ada lagi potensi.

Tidak ada laporan segera tentang kerusakan atau cedera, menurut media lokal.

Layanan meteorologi Tonga terus memperingatkan penduduk untuk tetap tinggal di pedalaman dan di dataran tinggi.

“Harap tetap di daratan dan di dataran tinggi dan tolong dengarkan radio sampai disarankan lebih lanjut. Untuk pelaut, menjauhlah dari terumbu karang ke laut dalam,” katanya.

Pada 11 November lalu, Pemerintah Tonga mengeluarkan peringatan , setelah gempa berkekuatan Magnitudo 7,3 melanda laut sekitar 207 km (128 mil) dari ibu kota, dan memperingatkan penduduk untuk pindah ke daratan ke tempat yang lebih tinggi.

Gempa berada pada kedalaman 24,8 km (15,4 mil) yang melanda laut sekitar 207 km (128,6 mil) timur tenggara Neiafu, menurut Survei Geologi Amerika Serikat (USGS). Peringatan juga dikeluarkan untuk Samoa Amerika, menurut Pusat Peringatan Pasifik (PTWC).

Sedangkan pada Januari, letusan gunung berapi Hunga Tonga-Hunga Ha'apai memicu yang menghancurkan desa-desa dan tempat peristirahatan di Tonga di wilayah yang sama, memutus komunikasi untuk negara Pasifik Selatan yang berpenduduk sekitar 105.000 orang itu. Sedikitnya tiga orang tewas akibat peristiwa itu.(*)

Copy Editor: Riyaldi

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi YouTube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here