Persoalan Hotel Sayaga, BUMD Belum Maksimal

Menu

Mode Gelap
Info Terkini Gempa, BMKG: Terjadi di Kepulauan Talaud Sulut dan China Harga Emas Antam Hari Ini, Senin 30 Januari 2023 Jadwal Layanan SIM Keliling di Kota Bogor, Senin 30 Januari 2023 Prakiraan Cuaca Kota Bogor Hari Ini Senin, 30 Januari 2023 Info Terkini Gempa Menurut BMKG, Sabtu 28  Januari 2023

Kabupaten Bogor · 5 Dec 2022 08:59 WIB

Persoalan Hotel Sayaga, DPRD Kabupaten Bogor Melihat BUMD Belum Maksimal


 Ketua DPRD Kabupaten Bogor, Rudy Susmanto. (Mutia/Bogordaily.net) Perbesar

Ketua DPRD Kabupaten Bogor, Rudy Susmanto. (Mutia/Bogordaily.net)

IIMS

Bogordaily.net – Persoalan Hotel Sayaga masih menjadi tanda tanya besar yang tak kunjung selesai. Adanya BUMD PT Sayaga Wisata justru dinilai tidak berperan aktif dalam pengembangan perekonomian Kabupaten Bogor.

Hal tersebut disampaikan oleh Ketua DPRD Kabupaten Bogor, Rudy Susmanto saat menyoroti polemik Hotel Sayaga. Ia melihat Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) itu belum maksimal.

“Kita melihatnya belum maksimal. Dibilang maju juga belum optimal, dibilang mundur juga masih ada,” kata Rudy

Bahkan dirinya meminta para direksi dan pembina BUMD harus tegas menyikapi hal tersebut. Rudy menyebut BUMD perlu mengambil keputusan terkait BUMD yang layak untuk dikembangkan dan yang harus ditutup.

“Kemarin kita juga tanya kepada BUMD, mana yang perlu dikembangkan dan mana yang perlu ditutup,” ucapnya saat diwawancarai.

Kemudian kata dia, jika ada potensi dalam pengembangan ekonomi seyogyanya dimaksimalkan, kendati penyertaan modalnya cukup minim namun ada poin dari asetnya yang baik. Ia menegaskakan jika BUMD membutuhkan pendampingan, sebaiknya diupayakan.

“Dimana penyertaan modalnya cukup minim tapi aset kita cukup baik. Kalau ada potensi harusnya didorong dan dimaksimalkan. kalau memang butuh pendampingan dari para pakar bidang BUMD masih-masih kenapa tidak diupayakan,” tutur Ketua DPRD Kabupaten Bogor.

Sementara diberitakan sebelumnya, Anggota Komisi II DPRD Kabupaten Bogor, Lukmanudin Arrasyid juga meminta agar Direksi BUMD PT. Sayaga Wisata mengambil langkah tegas, lantaran proyek konstruksi Hotel Sayaga masih terbengkalai dan tak kunjung beroperasi.

Kemudian, ia mengaku ada beberapa persoalan yang harus segera diselesaikan terkait pekerjaan konstruksi oleh PT. Mirtada Sejahtera yang menjadi pihak ketiga dalam proyek pembangunan hotel tersebut.

“Hasil audit BPKP, denda keterlambatan pekerjaan nilainya juga cukup besar. Tapi masalahnya itu kan harus diselesaikan. Apakah diputus kontraknya, atau seperti apa. Kami juga sudah meminta konsultan proyek tersebut mengenai rekomendasinya seperti apa,” ujar Lukman.

Pasalnya dalam hal ini, proyek konstruksi Hotel ini telah menelan APBD cukup besar, yakni Rp 65 miliar. Pada APBD 2017, Pemkab Bogor mengalirkan anggaran sebesar Rp 36,3 Miliar. Proyek tersebut pun dimenangkan oleh PT Amarta Karya.

Selanjutnya, dalam APBD 2021, Pemkab Bogor kembali menggelontorkan anggaran untuk kelanjutan proyek konstruksi Hotel Sayaga sebesar Rp 39 miliar dan diambil alih oleh PT Mirtada Sejahtera.

Selain pekerjaan konstruksi, Pemkab Bogor juga telah menghabiskan Rp 8,5 miliar untuk pengadaan interior hotel tersebut dan Rp 1,7 miliar untuk biaya konsultan pengawas. (Mutia Dheza Cantika)

Copy Editor: Riyaldi

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi YouTube BogordailyTV

Artikel ini telah dibaca 100 kali

badge-check

Redaktur

Baca Lainnya

Sepasang Satwa Endemik Elang Jawa Dilepasliarkan di Bumi Tegar Beriman

30 January 2023 - 18:07 WIB

elang jawa

Fakta Penculikan Anak di Gunung Sindur Bogor, Ini Penjelasan Sekolah dan Polisi!

30 January 2023 - 16:42 WIB

Fakta Penculikan Anak di Gunung Sindur Bogor, Ini Penjelasan Sekolah dan Polisi!

Geger, Kabar Penculikan Anak di Gunung Sindur Bogor, Disdik Kabupaten Bogor Tebar Surat Edaran ke Sekolah

30 January 2023 - 16:21 WIB

Geger, Kabar Penculikan Anak di Gunung Sindur Bogor, Disdik Kabupaten Bogor Tebar Surat Edaran ke Sekolah

Bahaya OTK, Dua Pemuda Ditodong Celurit di Gunung Sindur

30 January 2023 - 16:00 WIB

Bahaya OTK

BKPSDM Kabupaten Bogor Sebut 100 ASN Bakal Dilantik Bulan Februari

30 January 2023 - 15:34 WIB

BKPSDM Kabupaten Bogor

Yara Pottery Studio, Tempat Belajar Seru Membuat Gerabah

30 January 2023 - 15:23 WIB

Yara Pottery Studio
Trending di Kabupaten Bogor