Sunday, 28 April 2024
HomeKota BogorHadir Berikan Pendampingan, PKN Bogor Jalin Kerjasama dengan Lapas Klas II A...

Hadir Berikan Pendampingan, PKN Bogor Jalin Kerjasama dengan Lapas Klas II A Paledang

Bogordaily.net – Persaudaraan Korban Psikotropika dan Zat Adiktif () atau yang dikenal dengan sebutan PKN Bogor, menjalin perjanjian kerjasama dengan Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Klas II A Paledang Kota Bogor guna memberikan pendampingan kepada warga binaan yang terkerat kasus , pada Rabu 28 Desember 2022.

Koordinator PKN Bogor, Bonny Sofianto menjelaskan bahwa, pendampingan bagi warga binaan masyarakat di Lapas Paledang Klas II A Kota Bogor, bertujuan untuk menjalani program rehabilitasi sosial bagi mereka yang terjerat kasus .

“Mendampingi melalui kegiatan bimbingan bagi klien pemasyarakatan tindak pidana yang telah bebas di BAPAS KLAS II Bogor,” kata Koordinator PKN Bogor, Bonny Sofianto kepada Bogordaily.net, Rabu, 28 Desember 2022

Ia mengatakan, peran keluarga dirasa sangat penting dalam proses pemulihan pengguna . Penyalahgunaan selain dapat berdampak pada diri si pengguna, juga bisa berdampak pada orang terdekat, termasuk keluarga mereka.

Oleh karena itu, selain buruk terhadap kesehatan serta dapat menghancurkan masa depan, penyalahgunaan juga dapat berdampak secara sosial pada keluarga, seperti dikucilkan dari masyarakat setempat, bahkan hingga timbulnya kejahatan dan kasus kriminal yang dapat merugikan masyarakat sekitar.

“Dukungan sosial sangat dibutuhkan bagi mantan pecandu agar mereka memiliki kualitas hidup yang baik, khususnya dukungan keluarga. Beragamnya bentuk dukungan keluarga meliputi dukungan emosional, penghargaan, instrumental dan informatif menyumbang dampak positif terhadap penyalahgunaan ,” jelas Bonny

Selain itu, kata Bonny, dukungan sosial dari keluarga yang telah diberikan kepada mantan pecandu narkotika akan meningkatkan semangat mereka untuk tidak kembali menggunakan narkotika setelah proses rehabilitasi.

Dukungan keluarga juga sebagai informasi verbal atau non verbal, saran, bantuan yang nyata atau tingkah laku yang diberikan oleh orang-orang terdekat dalam hal ini keluarga dengan subjek berupa kehadiran dan hal-hal yang dapat memberikan keuntungan emosional berpengaruh pada tingah laku penerimanya.

“Kegiatan dan perjanjian ini bertujuan untuk memberikan pemahaman mengenai pentingnya peran serta dukungan keluarga dalam proses pemulihan pengguna narkotika,” tutup Bonny.*

(Muhammad Irfan Ramadan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here