Thursday, 29 February 2024
HomeNasionalPotensi Badai Dahsyat di Jabodetabek pada 28 Desember 2022, Ini Kata BMKG...

Potensi Badai Dahsyat di Jabodetabek pada 28 Desember 2022, Ini Kata BMKG dan BRIN

Bogordaily.net dahsyat diprediksi akan melanda kawasan Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi () pada Rabu besok, 28 Desember 2022.

Dalam keterangan yang diberikannya hari ini, BMKG menjelaskan CENS (arus lintas ekuatorial) sebagai seruak angin dingin Asia yang sampai menyeberangi ekuator, masuk wilayah Indonesia.

Dampaknya secara tidak langsung pada peningkatan curah hujan dan kecepatan angin di sekitar wilayah Indonesia bagian selatan ekuator.

Menurut Kepala BMKG Dwikorita Karnawati, BMKG memprediksi wilayah memang akan terjadi hujan ekstrem namun bukan .

Hujan esktrem juga diperkirakan terjadi pada 30 Desember 2022 mendatang. Penyebabnya, menurut Dwikorita, level intensitas La Nina saat ini yang lemah.

“Hujan ekstrem nggak harus berupa , dan hujan ekstrem diprediksi, dimulai… jadi trennya udah terlihat sejak 21 Desember dan trennya semakin meningkat di (tanggal) 29, jadi itu hujan lebat, bukan pusaran, istilah kan pusaran, pusaran angin dan disertai hujan lebat. Kalau Jabodetabek itu 28 Desember masih belum ada merahnya, yang dikhawatirkan Jawa Tengah dan Laut Jawa,” ucap Dwikorita.

Dwikorita memperlihatkan peta sebaran hujan Jabodetabek 31 Desember 2019 pukul 07.00 WIB hingga 1 Januari 2020 pk 07.00 WIB .

Tertulis catatan bahwa wilayah Jabodetabek umumya hujan sedang hingga ekstrem. Konsentrasi hujan merata di seluruh wilayah Jabodetabek. Curah hujan harian tertinggi terukur di Halim yaitu sebesar 377 mm.

Sebelumnya, peneliti klimatologi di Badan Riset dan Inovasi Nasional () Erma Yulihastin mengungkap prediksinya kalau akan terjadi hujan ekstrem dan dahsyat pada 28 Desember 2022.

Melalui cuitan di akun Twitternya, Erma Yulihastin menjelaskan, dahsyat di Jabodetabek akan terjadi pada 28 Desember 2022.

“Siapa pun Anda yang tinggal di Jabodetabek dan khususnya Tangerang atau Banten, mohon bersiap dengan hujan ekstrem dan dahsyat pada 28 Desember 2022,” tulis Erma di Twitter, Senin, 26 Desember 2022.

Erna juga menambahkan, hujan akan meluas ke wilayah Jawa bagian barat karena adanya konvergensi secara masif.

“Konvergensi di darat juga akan terjadi secara masif sehingga hujan persisten pada 28 Desember 2022 akan terjadi meluas, menjangkau wilayah lain di Jawa bagian barat,” terang Erma.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here