Monday, 29 April 2024
HomeKota BogorPrakiraan Cuaca Hari Ini 30 Desember, BMKG: Hujan Ekstrem di Jabodetabek

Prakiraan Cuaca Hari Ini 30 Desember, BMKG: Hujan Ekstrem di Jabodetabek

Bogordaily.net – Prakiraan cuaca hari ini, Jumat 30 Desember diprediksi akan turun hujan ektrem di Jabodetabek.

BMKG memberikan peringatan tentang adanya potensi hujan ekstrem di Jabodetabek pada hari Jumat 30 Desember 2022. BMKG menekankan bahwa prediksi ini bukan badai.

Prakiraan cuaca pada Jumat 30 Desember 2022 di Jabodetabek akan diguyur hujan ektrem itu dilihat dari hasil pemodelan.

“Prediksi curah hujan di Jabodetabek untuk besok tanggal 30 Desember. Ini hasil pemodelan, Jabodetabek kebanyakan berwarna merah dan pink dan tersebar secara merata, sehingga ini yang perlu diwaspadai, ini hujan, bukan badai. Intensitasnya bisa ekstrem,” kata Kepala BMKG Dwikorita Karnawati dalam konferensi pers, Kamis, 29 Desember 2022.

Dwikorita menyebutkan bahwa wilayah yang perlu diwaspadai adalah bagian utara Kabupaten Bekasi. Selain itu, prediksi hujan lebat juga terjadi di bagian utara Jakarta Barat, Jakarta Timur, Jakarta Selatan, Jakarta Utara, dan Kota Bekasi.

Sementara itu, hujan lebat berpotensi terjadi di Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang Selatan, Kota Bogor, bagian selatan Kabupaten Bogor, Depok, dan Jakarta Pusat.

Prediksi hujan ekstrem ini menguat pada sore hingga dini hari jelang pergantian tanggal ke tanggal 31 Desember 2022. BMKG juga mengimbau kepada warga untuk berhati-hati dalam menjalankan berbagai kegiatan.

Pemprov DKI Jakarta menyiapkan 461 Pompa Mobile. Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta menyiapkan 461 pompa mobile untuk mengantisipasi dampak cuaca ekstrem. Ratusan pompa air itu disebar ke seluruh wilayah Jakarta.

“Dinas SDA DKI Jakarta memiliki 502 unit pompa stasioner yang tersebar di 181 lokasi, 461 unit pompa mobile, 799 unit pintu air di 547 lokasi, dan 230 unit alat berat,” kata Kepala Dinas Sumber Daya Air DKI Jakarta Yusmada Faizal melalui Instagram @dinas_sda seperti dilihat detikcom, Rabu (28/12).

Yusmada mengatakan bahwa ia telah memimpin rapat koordinasi bersama jajaran Dinas SDA terkait kesiapan pompa, alat berat, dan personel setelah BMKG memprediksi hujan akan terus turun hingga awal tahun depan. Selain peralatan, pihaknya juga menyiagakan 4.179 personel pasukan biru serta 1.753 operator pompa dan pintu air.

“Koordinasi ini untuk memastikan seluruh pompa, alat berat, dan infrastruktur pengendali banjir dapat beroperasi dengan optimal dan seluruh personel siaga dan tanggap dalam mengantisipasi maupun penanganan kejadian banjir/genangan,” ujarnya.***

Copy Editor: Riyaldi

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi YouTube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here