Saturday, 20 April 2024
HomeKota BogorProdi Ilmu Lingkungan FTS UIKA Bogor Bangun MCK untuk Korban Gempa Cianjur

Prodi Ilmu Lingkungan FTS UIKA Bogor Bangun MCK untuk Korban Gempa Cianjur

Bogordaily.net – Program Studi (Prodi) Ilmu Lingkungan, Fakultas Teknik dan Sains (FTS) Universitas Ibn Khaldun () Bogor membangun di pengungsian korban gempa , lewat program insentif pengabdian masyarakat terintegrasi MBKM Berbasis Kinerja IKU (Indikator Kinerja Utama) Tahun 2022 yang diselenggarakan Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi, Riset Dan Teknologi, pada Senin 26 Desember 2022.

Program dengan tema “Kampung Cekatan”ini diarahkan ke lokasi tersebut karena memang masyarakat di sana sangat membutuhkan berbagai bantuan pasca gempa.

Sebelum program ini, telah menyalurkan beberapa kali bantuan logistik ke lokasi terdampak berat di .

Berbagai bantuan logistik terus mengalir, namun belum ada yang memperhatikan aspek lain terkait kebutuhan dan sanitasi lingkungan agar di lokasi pengungsian tidak berkembang berbagai penyakit.

Menurut Budi Susetyo, Ketua Tim Kesehatan dan Sanitasi Lingkungan dari Program Studi Ilmu Lingkungan, FTS Bogor mengatakan, beberapa mahasiswa juga dilibatkan dalam program MBKM ini, diantaranya mereka melakukan penyuluhan PHBS bersama dosen di bawah mentor Andi Asnifatima.

“Kami melakukan survey dan pemetaan bangunan yang masih dapat dipertahankan dengan kerusakan ringan, dan berbagai aktivitas lain termasuk trauma healing,” kata Budi.

Sementara itu dalam kesempatan yang sama, Rektor Bogor, Endin Mujahidin telah mengunjungi lokasi gempa di Desa Cirumput sekaligus menyerahkan secara resmi berbagai fasilitas yang dibangun oleh Tim UIKA bekerja sama dengan BKP, Karang Taruna dan Pemerintah Desa Cirumput.

“Turut berbelasungkawa atas korban gempa dan mendoakan agar permasalahan pasca gempa ini dapat teratasi dengan baik atas kerjasama semua pihak. UIKA sendiri berkomitmen untuk tetap melakukan pendampingan masyarakat melalui Program Pengabdian Masyarakat dalam rangka Tridharma Perguuruan Tinggi,” kata Rektor Endin.

Sebagai informasi di samping bangunan , UIKA juga telah memberikan berbagai kebutuhan masyarakat pengungsi termasuk lampu penerangan (20 titik) bertenaga surya di Desa Cirumput.

Bantuan lainnya diantaranya, pembangunan posko karang taruna di , sumbangan peralatan pembersihan puing, program infografis. (Albin Pandita)

Copy Editor: Riyaldi

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi YouTube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here