Sunday, 5 May 2024
HomeBeritaProfil Abdul Hamid alias Pak Ogah yang Meninggal Dunia di Usia 74...

Profil Abdul Hamid alias Pak Ogah yang Meninggal Dunia di Usia 74 Tahun

Bogordaily.net–  Abdul Hamid bin Poerjono yang dikenal sebagai sosok dalam serial boneka Si Unyil meninggal dunia, Rabu, 28 Desember 2022 sekitar pukul 19.30 WIB. wafat di RS Kartika Husada, Bekasi, pada usia 74 tahun. Berikut profil Abdul Hamid alias .

Abdul Hamid lahir pada 3 Desember 1948. Ia merupakan pengisi suara atau dubber sejak 1981 – 2022. memiliki akun Instagram @pakogah_real.

Dalam serial “Si Unyil” (1981), Abdul Hamid telah mengisi suara untuk tiga karakter. Diantaranya yaitu: Penjahat, , dan Melanie (perempuan Tionghoa dan teman Si Unyil).

Selama ini Abdul Hamid lebih dikenal sebagai karena ia merupakan pengisi suara dari karakter tersebut dalam serial “Si Unyil”. Karakter tersebut sangat melekat bagi masyarakat Indonesia. Bahkan, walaupun ia telah berpindah saluran televisi, tetapi Abdul Hamid tetap menjadi dubber untuk karakter sampai tahun 2021.

Melansir Suara.com, sejak awal 2022 kondisi kesehatan Abdul Hamid alias mulai menurun. Kondisi perekonomiannya juga semakin menurun sehingga ia kesulitan untuk membayar biaya rumah sakit. Bahkan, untuk buang air kecil, almarhum harus menggunakan popok. Sebulan terakhir sebelum meninggal dunia, ia sudah kehilangan nafsu makan sehingga membuat tubuhnya melemah.

Selama empat tahun terakhir juga diketahui sering bolak-balik ke rumah sakit untuk berobat karena menderita penyumbatan darah di otak. Pak Ogah alias Abdul Hamid tutup usia pada Rabu, 28 Desember 2022.

Kepergian sosok legendaris penghibur anak-anak itu meningalkan duka mendalam bagi keluarga juga para fansnya.

Pak Ogah dikenal dengan beberapa jargonnya yang bahkan sampai sekarang masih kerap terdengar, seperti “bagi cepek dong” dan “ogah ah”.

Di serial Si Unyil, Pak Ogah adalah sosok tunakarya yang malas dan sering nongkrong di pos ronda. Secara fisik, karakternya yang paling menonjol adalah berkepala plontos. Dia sering memakai kaos putih dengan outer kemeja warna krem dan celana hitam sebagai bawahannya. Selain pemalas, Pak Ogah juga selalu sial.

Pak Ogah. (YouTube/Edutainment Trans7 Official/Suara.com)

Sejak awal diciptakan oleh lulusan Seni Rupa ITB, Drs Suyadi, pada 5 April 1981, sosok Pak Ogah telah mewarnai serial Si Unyil yang tayang di TVRI. Sebagai informasi, Suyadi juga masuk sebagai salah satu tokoh dalam serial Si Unyil yaitu Pak Raden.

Serial Si Unyil kemudian diformat ulang pada era tahun 2000-an menjadi Laptop Si Unyil. Karakter Pak Ogah juga kerap hadir menemani petualangan Unyil pada acara tersebut.

Sosok pemeran Pak Ogah telah menyusul Suyadi ke pangkuan Ilahi. Meski demikian, kenangan tak akan terlupa begitu saja, apalagi karakternya yang begitu legendaris hingga membuat semua orang mengingatnya. Selamat Jalan, Pak Ogah.***

Copy Editor: Riyaldi

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi YouTube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here