Monday, 6 May 2024
HomeBeritaProfil Aminah Cendrakasih, Mak Nyak Si Doel yang Meninggal Dunia

Profil Aminah Cendrakasih, Mak Nyak Si Doel yang Meninggal Dunia

Bogordaily.net–   , pemeran Mak Nyak dalam Si Doel Anak Sekolahan meninggal dunia hari ini, Rabu, 21 Desember 2022.  Berikut pemeran Laila alias Mak Nyak di sinetron yang dibintangi Rano Karno itu.

lahir di Magelang, Jawa Tengah 29, Januari 1938 atau berusia 84 tahun. Aminah dikenal sebagai aktris dan juga model pada masanya. Namanya mulai dikenal setelah membintangi film Serampang 12 tahun 1956 dan Asrama Dara tahun 1958.

Dilansir dari laman Wikipedia, sejak duduk di bangku sekolah di SKP, putri pasangan pelawak Husni Nagib dan artis Wolly Sutinah ini sudah mengenal dunia panggung. Dimulai dengan aktif di pentas sandiwara tahun 1955 sebagai pemain dan penyanyi.

Kemudian di tahun yang sama, ia mendapat kesempatan tampil dalam film Oh, Ibuku (Bagian I dari film Gadis Tiga Djaman yang bersambung ke Puteri Revolusi) produksi Film dan Semeru Film di bawah pengarahan sutradara Ali Yugo.

(Sumarni/Suara.com)

Sejalan dengan perkembangan pertelevisian Indonesia yang kian berkembang pada masa itu, Aminah ikut menyemarakkan kehadiran dunia sinetron. Salah satunya Rumah Masa Depan (1984-1985). Namanya melambung saat membintangi sinetron Si Doel Anak Sekolahan (1994-1997) yang disutradarai Rano Karno (merangkap sebagai produser dan pemain).

Aminah berperan sebagai Laila yang tak lain ibu dari Doel. Ia juga sempat beradu akting dengan almarhum Benyamen Sueb yang berperan sebagai Babe.

Kiprahnya di dunia akting membuat Aminah menyabet sejumlah penghargaan yakni pada 2012 meraih Lifetime Achievement Award pada Festival Film Bandung dan tahun 2013 mendapat penghargaan serupa tetapi dalam ajang Indonesian Movie Actors Awards. Pada 2019 ia juga meraih Piala Maya pada kategori Penampilan Singkat nan Berkesan di Si Doel the Movie.

Sementara itu di luar kegiatannya di dunia film, ia aktif di organisasi HSBI dan Lembaga Kebudayaan Betawi (LKB). Di LKB ia pernah menjabat Ketua I Divisi Kesenian. Selain itu Aminah juga menjabat Komisaris PT Jayanti Adhikara Sinema. ***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here