Saturday, 20 April 2024
HomeBeritaProfil Jerry Lawson, Bapak Game Modern yang Jadi Google Doodle Hari Ini

Profil Jerry Lawson, Bapak Game Modern yang Jadi Google Doodle Hari Ini

Bogordaily.net menampilkan sosok tepat di hari ulang tahunnya hari ini Kamis, 1 Desember 2022. yang dikenal sebagai pelopor game telah meninggal dunia pada 9 April 2011 di Santa Clara, California, Amerika. Berikut .

Melansir YourSay dari Google, lahir di Brooklyn, New York pada 1 Desember tahun 1940. Sejak kecil ia gemar mengutak-atik elektronik dengan memperbaiki televisi di sekitar lingkungan tempat ia tinggal, bahkan sudah bisa membuat stasiun radionya sendiri dengan menggunakan komponen daur ulang.

Kota tempat Lawson tinggal dijuluki sebagai “Lembah Silikon” karena banyaknya perusahaan teknologi baru yang inovatif didirikan di lingkungan tersebut.

Ia kemudian berkuliah di Queens College dan City College of New York sebelum memulai kariernya di Palo Alto, California. Setibanya Lawson di California, ia bergabung dengan Fairchild Semiconductor dan bekerja sebagai konsultan teknik.

Tampilan hari ini Kamis, 1 Desember 2022.(Google/Bogordaily.net)

Setelah beberapa tahun berjalan, Lawson dipromosikan untuk menjadi Direktur Teknik dan Pemasaran departemen video game Fairchild.

Lawson kemudian memimpin pengembangan sistem Fairchild Channel F yang merupakan konsol sistem video game rumahan pertama yang menampilkan kartrid game yang dapat dipertukarkan, joystick digital delapan arah, dan menu jeda.

Channel F merupakan jalan pembuka bagi sistem game masa depan seperti Atari, SNES, Dreamcast, dan lainnya.

Tahun 1980 Lawson meninggalkan perusahaan Fairchaild dan memulai perusahaannya sendiri yaitu Videosoft, salah satu perusahaan pengembangan video game paling awal yang dimiliki kulit hitam.

Atari 2006 merupakan hasil perangkat pertama yang diciptakan perusahaan Lawson tersebut. Meskipun lima tahun setelahnya perusahaan tersebut tutup, Lawson tetap berkontribusi mengembangkan video game di sepanjang kariernya.

Tahun 2011, International Game Developers Association mengakui jasa Lawson sebagai perintis industri atas kontribusinya yang besar dalam pengembangan dunia game.

University of Southern California juga menciptakan Gerald A. Lawson Fund untuk mendukung mahasiswa yang menginginkan gelar sarjana atau pascasarjana dalam desain game atau ilmu komputer. Atas kontribusinya yang besar, maka Lawson diabadikan di World Video Game Hall of Fame di Rochester, New York.

Sementara itu pembuatan hari ini juga berkat kerja sama antara Google dan Anderson dan Karen Lawson yaitu anak dari Gerald yang menginginkan warisan ayahnya dikenang oleh orang-orang.***

Copy Editor: Riyaldi Suhud

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi YouTube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here