Profil Jerry Lawson, Bapak Game Modern yang Jadi Google Doodle Hari Ini

Menu

Mode Gelap
Info Terkini Gempa Menurut BMKG, Sabtu 28  Januari 2023 Link Streaming Man City vs Arsenal, Aman dan Legal Catat, Ini Nomor Hotline Pengaduan Penculikan Anak di Kota Bogor Doa Buka Puasa Rajab 2023 dan Qadha Ramadhan Lengkap Pasar Kaget di Taman Heulang Dikeluhkan Warga, Sahib Khan Usulkan Relokasi

Tokoh · 1 Dec 2022 10:45 WIB

Profil Jerry Lawson, Bapak Game Modern yang Jadi Google Doodle Hari Ini


 Jerry Lawson. (Foto: USA Today/Courtesy of The Strong Museum) Perbesar

Jerry Lawson. (Foto: USA Today/Courtesy of The Strong Museum)

IIMS

Bogordaily.net Google Doodle menampilkan sosok Jerry Lawson tepat di hari ulang tahunnya hari ini Kamis, 1 Desember 2022. Jerry Lawson yang dikenal sebagai pelopor game telah meninggal dunia pada 9 April 2011 di Santa Clara, California, Amerika. Berikut profil Jerry Lawson.

Melansir YourSay dari Google, Jerry Lawson lahir di Brooklyn, New York pada 1 Desember tahun 1940. Sejak kecil ia gemar mengutak-atik elektronik dengan memperbaiki televisi di sekitar lingkungan tempat ia tinggal, bahkan sudah bisa membuat stasiun radionya sendiri dengan menggunakan komponen daur ulang.

Kota tempat Lawson tinggal dijuluki sebagai “Lembah Silikon” karena banyaknya perusahaan teknologi baru yang inovatif didirikan di lingkungan tersebut.

Ia kemudian berkuliah di Queens College dan City College of New York sebelum memulai kariernya di Palo Alto, California. Setibanya Lawson di California, ia bergabung dengan Fairchild Semiconductor dan bekerja sebagai konsultan teknik.

Tampilan Google Doodle hari ini Kamis, 1 Desember 2022.(Google/Bogordaily.net)

Setelah beberapa tahun berjalan, Lawson dipromosikan untuk menjadi Direktur Teknik dan Pemasaran departemen video game Fairchild.

Lawson kemudian memimpin pengembangan sistem Fairchild Channel F yang merupakan konsol sistem video game rumahan pertama yang menampilkan kartrid game yang dapat dipertukarkan, joystick digital delapan arah, dan menu jeda.

Channel F merupakan jalan pembuka bagi sistem game masa depan seperti Atari, SNES, Dreamcast, dan lainnya.

Tahun 1980 Lawson meninggalkan perusahaan Fairchaild dan memulai perusahaannya sendiri yaitu Videosoft, salah satu perusahaan pengembangan video game paling awal yang dimiliki kulit hitam.

Atari 2006 merupakan hasil perangkat pertama yang diciptakan perusahaan Lawson tersebut. Meskipun lima tahun setelahnya perusahaan tersebut tutup, Lawson tetap berkontribusi mengembangkan video game di sepanjang kariernya.

Tahun 2011, International Game Developers Association mengakui jasa Lawson sebagai perintis industri atas kontribusinya yang besar dalam pengembangan dunia game.

University of Southern California juga menciptakan Gerald A. Lawson Fund untuk mendukung mahasiswa yang menginginkan gelar sarjana atau pascasarjana dalam desain game atau ilmu komputer. Atas kontribusinya yang besar, maka Lawson diabadikan di World Video Game Hall of Fame di Rochester, New York.

Sementara itu pembuatan Google Doodle hari ini juga berkat kerja sama antara Google dan Anderson dan Karen Lawson yaitu anak dari Gerald Jerry Lawson yang menginginkan warisan ayahnya dikenang oleh orang-orang.***

Copy Editor: Riyaldi Suhud

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi YouTube BogordailyTV

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Redaktur

Baca Lainnya

Nama Lengkap Abah Guru Sekumpul Siapa? Ini Biografi Lengkapnya

27 January 2023 - 20:38 WIB

Nama Abah Guru Sekumpul

Profil Asnawi Mangkualam, Pemain Timnas Indonesia yang Gabung Jeonnam Dragons

27 January 2023 - 17:51 WIB

Sosok Lieus Sungkharisma, Aktivis Tionghoa yang Meninggal Dunia

25 January 2023 - 18:05 WIB

Sosok KH Sholeh Iskandar, Tokoh Berpengaruh di Bogor yang Diusulkan Jadi Pahlawan Nasional

25 January 2023 - 09:51 WIB

Sepak Terjang Frank Lampard, Pelatih yang Baru Dipecat Everton

24 January 2023 - 16:47 WIB

Profil Rohadi Widodo, Mantan Bupati Karanganyar yang Tutup Usia

24 January 2023 - 09:27 WIB

Trending di Tokoh