Friday, 3 May 2024
HomeBeritaProfil M Adil, Bupati Meranti yang Viral Sebut Kemenkeu Diisi Iblis dan...

Profil M Adil, Bupati Meranti yang Viral Sebut Kemenkeu Diisi Iblis dan Setan

Bogordaily.net – Muhammad Adil menjadi sorotan. Nama Bupati Kepulauan Meranti itu viral usai menyebutkan pegawai Kementerian Keuangan () diisi oleh iblis dan setan. Video pernyataan itu pun beredar di media sosial.

Dilansir detikSumut, Bupati Adil mengatakan orang berisi setan atau iblis saat berdialog dengan Direktur Jenderal Perimbangan Keuangan Kementerian Keuangan, Lucky Alfirman dalam rapat koordinasi Pengelolaan Pendapatan Belanja Daerah se-Indonesia di Pekanbaru Kamis, 9 Desember 2022 lalu.

Adil menilai Meranti mendapat 8.000 barel/d minyak. Namun ia tidak mendapat penjelasan terkait hasil tersebut dari yang seharusnya mereka terima.

Ia mulai kesal karena permintaan untuk berdiskusi itu justru ditawarkan lewat online atau virtual. Hal itu berbeda saat ingin berdiskusi langsung pada Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian di Jakarta beberapa waktu lalu.

Adil kesal sebab saat rapat bersama tidak bisa menyampaikan keluhannya. Setelah didesak, barulah diterima DBH 100 dolar per barel.

Muhammad Adil. (Instagram/@muhammad_adil_riau/Bogordaily.net)

“Kemarin waktu zoom dengan tidak bisa menyampaikan dengan terang. Didesak, desak, desak barulah menyampaikan dengan terang bahwa 100 dolar/barel,” ujar Adil.

“Sampai ke Bandung saya kejar , juga tidak dihadiri oleh yang kompeten. Itu yang hadiri waktu itu entah staf atau apalah. Sampai pada waktu itu saya ngomong ‘Ini orang keuangan isinya ini iblis atau setan',” kata Adil.

Lalu siapa sosok M.Adil? Berikut Bupati Kepulauan Meranti itu.

Adil lahir di Selatpanjang, Kepulauan Meranti, Provinsi Riau pada 18 April 1972. Dia alumni Universitas Lancang Kuning, Pekanbaru. Adil menyelesaikan pendidikan S1 dan S2.

Sebelum menjadi kepala daerah, Adil adalah anggota DPRD Riau 2014-2019 dari Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura). Namun selesai, Adil hijrah ke Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Melalui PKB, pada Pileg 2019, Muhammad Adil terpilih menjadi anggota DPRD Riau masa jabatan 2019-2024 memperoleh 10.164 suara. Ia juga merupakan Ketua DPW Pujakesuma Provinsi Riau 2017-2022.

Tak lama setelah itu, ia pun maju sebagai calon Bupati Kepulauan Meranti periode 2021-2024 dan terpilih menjadi sejak Februari 2021. Di sisi lain, Adil kabarnya keluar dari PKB dan bergabung ke PDI Perjuangan.***

Copy Editor: Riyaldi

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi YouTube BogordailyTV