Friday, 28 June 2024
HomeHiburanPuisi Hari Ibu Islami, Ungkapan Penuh Doa & Penjelasan Kedudukan Ibu dalam...

Puisi Hari Ibu Islami, Ungkapan Penuh Doa & Penjelasan Kedudukan Ibu dalam Islam

Bogordailt.net sedang jadi topik hangat, seiring dengan perayaan hari ini yang jatuh pada 22 Desember.

Hari ibu sering diperingati dengan berbagai cara, memberikan kado, bunga, ucapan dan puisi yang disampaikan kepada para ibu se Indonesia.

Kebahagian paling hakiki para ibu adalah bisa melihat anak-anaknya tumbuh sebagai anak yang baik dan saleh.

Berakhlak baik dan cinta kepada Allah SWT serta Rasulullah SAW. Karena sesungguhnya amalan jariyah bagi orang tua, termasuk ibu, adalah doa seorang anak yang salih.

Dalam ajaran Islam, ibu memiliki kedudukan yang istimewa. Beberapa ayat Al-Qur'an pun menyebutkan tentang ibu. Seperti dalam surah Al Ahqaf ayat 15:

وَوَصَّيْنَا الْإِنْسَانَ بِوَالِدَيْهِ إِحْسَانًا ۖ حَمَلَتْهُ أُمُّهُ كُرْهًا وَوَضَعَتْهُ كُرْهًا ۖ وَحَمْلُهُ وَفِصَالُهُ ثَلَاثُونَ شَهْرًا ۚ حَتَّىٰ إِذَا بَلَغَ أَشُدَّهُ وَبَلَغَ أَرْبَعِينَ سَنَةً قَالَ رَبِّ أَوْزِعْنِي أَنْ أَشْكُرَ نِعْمَتَكَ الَّتِي أَنْعَمْتَ عَلَيَّ وَعَلَىٰ وَالِدَيَّ وَأَنْ أَعْمَلَ صَالِحًا تَرْضَاهُ وَأَصْلِحْ لِي فِي ذُرِّيَّتِي ۖ إِنِّي تُبْتُ إِلَيْكَ وَإِنِّي مِنَ الْمُسْلِمِينَ

Artinya: “Dan Kami perintahkan kepada manusia agar berbuat baik kepada kedua orang tuanya. Ibunya telah mengandungnya dengan susah payah, dan melahirkannya dengan susah payah (pula). Masa mengandung sampai menyapihnya selama tiga puluh bulan, sehingga apabila dia (anak itu) telah dewasa dan umurnya mencapai empat puluh tahun dia berdoa, “Ya Tuhanku, berilah aku petunjuk agar aku dapat mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau limpahkan kepadaku dan kepada kedua orang tuaku dan agar aku dapat berbuat kebajikan yang Engkau ridai; dan berilah aku kebaikan yang akan mengalir sampai kepada anak cucuku. Sesungguhnya aku bertobat kepada Engkau dan sungguh, aku termasuk orang muslim.”

Hari Ibu diperingati setiap tanggal 22 Desember. Berikan ucapan terbaik bagi ibunda. detikHikmah merangkum beberapa ucapan Hari Ibu penuh makna.

1. Bagiku saat ini, tak ada kebahagiaan sejati selain bisa melihat ibu bahagia dan tersenyum.

Di momen spesial ini, semoga ibu selalu diberkahi Allah SWT dan senantiasa dalam lindungan-Nya. Aamiin. Selamat Hari Ibu.

Ya Allah, hamba hanya meminta untuk memberikan surga-Mu untuk perempuan ini. Perempuan yang sudah membagi dirinya demi mengandungku sembilan bulan dan memperjuangkan hidupnya untuk melahirkanku ke dunia. Selamat Hari Ibu untuk Bunda tercinta.

2. Ya Allah, berikan kemudahan rezeki dan kebahagiaan hakiki untuk ibu ku. Ia adalah orang pertama yang selalu hadir menemaniku di saat suka dan duka.

Semoga Allah SWT selalu memberikan kesehatan dan selalu melindungimu, Ibu. Terima kasih atas segala kesabaranmu selama ini. Maafkan aku belum bisa memberikan yang terbaik untukmu. Selamat Hari Ibu.

3. Ibu, terima kasih atas perjuanganmu sampai saat ini. Kamu adalah malaikat yang turun ke dunia dalam arti yang sesungguhnya. Semoga Allah memberikan banyak kebaikan dan rezeki dari berbagai penjuru untukmu. Selamat Hari Ibu.

4. Ibu adalah pintu rahmat yang Allah bukakan untukmu, Selamat Hari Ibu. Bagiku setiap hari merupakan hari ibu. Setiap hari selalu spesial.

Semoga kebahagiaan dan keberkahan dari Allah selalu menaungi setiap langkahmu. Meski setiap waktu adalah momen spesial, tapi izinkan aku mengucapkan selamat hari Ibu untuk ibu yang sudah memberikan kasih sayang berlimpah bagi anak-anaknya. Sehat selalu, Bu. Semoga Allah memberikan berkah dan banyak kebaikan untukmu.

5. Terima kasih ibu sudah membesarkan aku dengan segenap kasih sayang. Semoga Allah membalasnya dengan pahala dan kenikmatan surga terbaik. Amin. Selamat Hari Ibu untuk Bunda tercinta.

6. Ya Allah, sediakan tempat terbaik di surga untuk ibuku. Sebab ia telah memberikan surga dunia bagi anak-anaknya. Terima kasih, Mama dan Selamat Hari Ibu.

7. Semoga setiap peluh dan air mata yang pernah jatuh dari tubuh lelahmu atas namaku menjadi sungai untukmu di surga. Selamat Hari Ibu.

8. Teruntuk ibuku, ibu terbaik di dunia, kau membuatku tersenyum, mencerahkan hariku, dan memberiku arti hidup. Tak bisa kubayangkan hidup tanpa hadirmu. Selamat Hari Ibu.
9. Ya Allah, jaga ibuku, sehatkan badan dan jiwanya, berikan ia kekuatan, rasa aman, dan kebahagiaan di dunia. Kelak di akhirat, tempatkan ibuku di surga terbaikmu.

10. Ya Allah, seandainya aku tidak memiliki cukup waktu untuk membahagiakan kedua orang tuaku, satu pintaku bahagiakan mereka dengan kasih sayang-Mu!”

11. Ya Allah. Balaslah kebaikan mereka (ibu dan bapak) karena telah mendidikku. Berikan ganjaran terbaik bagi mereka. Jagalah mereka sebagaimana mereka memeliharaku pada masa kecilku. Selamat Hari Ibu.

12. Walau umurmu kian menua, tapi sinar kebahagiaan darimu tak pernah luntur. Terima kasih sudah berjuang dan tak pernah menyerah terhadap anak-anakmu. Semoga Allah senantiasa menjagamu Bu. Selamat Hari Ibu.

Aku percaya jika ridha Allah adalah rida orang tua. Selamat Hari Ibu, Bunda. Semoga Allah senantiasa memberikan keberkahan dan limpahan kebaikan untukmu.

Ibunda, kau adalah orang terbaik dalam hidupku. Semoga Allah SWT selalu melindungi dan menjagamu dalam takdir terbaik-Nya. Selamat Hari Ibu!

13. Selamat Hari Ibu! Ibu adalah perempuan yang selalu ada dalam doaku. Semoga Allah SWT selalu menjaga dan melindungi ibu.

Ya Allah, Ya Rahman, Ya Rahim, limpahkanlah kasih sayangmu kepada ibuku. Sesungguhnya ia selalu mencurahkan seluruh cintanya untuk aku. Selamat Hari Ibu untuk Bunda ku Tersayang.

Ibu adalah malaikat yang selalu menjagaku. Malaikat yang tak pernah lelah menemaniku. Semoga Allah SWT menjadikan hidup ibu di dunia ini penuh dengan keberkahan. Selamat Hari Ibu!

14. Selamat Hari Ibu, Bundaku sayang! Engkau adalah orang pertama yang selalu hadir saat aku senang, dan orang pertama pula yang hadir saat aku berduka. Keikhlasanmu dalam merawatku, semoga berbalas surga dari Allah SWT. Aamiin.

15. Ibu adalah manusia paling lemah lembut yang pernah aku temui. Kasih sayang ibu kepadaku, insya Allah berbalas kasih sayang Allah SWT. Selamat Hari Ibu.

Demikian ulasan mengenai puisi Hari Ibu Islam yang bisa kamu sampaikan kepada pada ibu se-Indonesia. Selamat hari ini.***

Copy Editor: Riyaldi

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi YouTube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here