Tuesday, 19 March 2024
HomeKabupaten BogorRidwan Kamil Luncurkan Aplikasi Jabar Super Apps Sapawarga di Pakansari

Ridwan Kamil Luncurkan Aplikasi Jabar Super Apps Sapawarga di Pakansari

Bogordaily.net– Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat meluncurkan aplikasi Jabar Super Apps Sapawarga. Aplikasi tersebut bertujuan untuk menyediakan informasi dan layanan publik terintegrasi yang lebih efektif dan mudah diakses. Launching aplikasi dilaksanakan Gubernur Jawa Barat di Stadion Pakansari, Cibinong, Kabipaten Bogor, pada Minggu 18 Desember 2022.

mengatakan, aplikasi tersebut juga bertujuan untuk mengakses beragam layanan publik di Jawa Barat secara digital dengan lebih cepat. Dalam aplikasi Jabar Super Apps Sapawarga, menyediakan seluruh layanan masyarakat. Seperti perpajakan, layanan kesehatan, layanan sapawarga, administrasi kependudukan, hingga informasi pekerjaan.

Aplikasi Jabar Super Apps Sapawarga dihadirkan dalam rangka Jawa Barat sebagai Provinsi digital sehingga diharapkan, berbagai urusan masyarakat bisa diselesaikan dalam satu aplikasi melalui smartphone mereka masing-masing di daerahnya.

Gubernur Jawa Barat dan Plt Bupati Bogor Iwan Setiawan di acara peluncuran aplikasi Jabar Super Apps Sapawarga di Stadion Pakansari, Cibinong, Kabipaten Bogor, pada Minggu 18 Desember 2022.(Instagram/@kabupaten.bogor/Bogodaily.net)

“Aplikasi ini menyediakan layanan informasi mengenai perpajakan kendaraan, pelayanan administrasi kependudukan, kesehatan, hingga pendidikan,” kata Gubernur Jawa Barat, , Minggu 18 Desember 2022

Pria yang akrab disapa Kang Emil tersebut menambahkan, melalui aplikasi Jabar Super Apps Sapawarga, masyarakat Jawa Barat bisa mengetahui seluruh informasi sambara melalui smartphone mereka. Kemajuan teknologi tersebut tentunya mempermudah warga untuk mendapatkan layanan informasi yang mereka butuhkan.

Informasi lainnya yang ada dalam aplikasi tersebut yakni lowongan pekerjaan, untuk mendapatkan informasi terkait lowongan pekerjaan yang sesuai dengan minat dan kompetensi. Hal itu tentunya mempermudah warga Jawa Barat untuk mendapatkan pekerjaan yang mereka butuhkan.

“Kemudian pekerjaan, mencari pekerjaan, disampaikan bagi para pengangguran kalau ingin tahu, hari dimana ada lowongan apa, juga bisa datang di jabar super apps itu,” jelas Kang Emil.

Adanyan aplikasi terpadu itu, kata Kang Emil, sebagai respon publik juga selaras dengan pernyataan Menteri Keuangan yang sempat melontarkan kritikan bahwa di Indonesia terlalu banyak aplikasi dalam pelayanannya khususnya di daerah.

“Aplikasi Super Apps diinisasi untuk mengefesiensikan pelayanan publik dengan memangkas langkah-langkah agar lebih efektif,” ujar Kang Emil.

Sementara itu pada event tersebut juga sekaligus dilaunching kurikulum perpajakan dan penyerahan modul pembelajaran untuk SMA/SMK kolaborasi dengan Dinas Pendidikan Jabar, penandatangan komitmen bersama terkait integrasi data layanan publik Jawa Barat, launching portal JABARPROVGOID, launching Samsat Information Center (150-410), dan pelayanan kesehatan gratis.

Hadir pada kegiatan tersebut, jajaran pimpinan dan anggota DPRD Provinsi Jawa Barat, Kepala Daerah Kab/Kota, jajaran Sekretaris Daerah atau perwakilan Pemerintah Kabupaten/Kota se-Jabar, Forkopimda Jawa Barat dan , serta jajaran pimpinan BUMD dan direktur perusahaan.

Plt Bupati Bogor Iwan Setiawan pada peluncuran aplikasi Jabar Super Apps Sapawarga di Stadion Pakansari, Cibinong, Kabipaten Bogor, pada Minggu 18 Desember 2022.(Instagram/@kabupaten.bogor/Bogodaily.net)

Plt Bupati Bogor Iwan Setiawan mengaku bersyukur dijadikan tuan rumah untuk meluncurkan Jabar Super Apps.

“Pemerintah sangat mendukung adanya Jabar Super Apps mengingat memiliki wilayah yang sangat luas dengan transformasi digital layanan publik diharapkan akan semakin menjangkau dan memudahkan masyarakat,” kata Iwan dalam keterangan persnya.(Muhammad Irfan )

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here