Thursday, 29 February 2024
HomeNasionalRuang Kelas Banjir, Ratusan Siswa SDN 1 Cangkring Tetap Ikuti Ujian Sekolah

Ruang Kelas Banjir, Ratusan Siswa SDN 1 Cangkring Tetap Ikuti Ujian Sekolah

Bogordaily.net–  rob menerjang , Jawa Barat.  Akibatnya para pelajar di Sekolah Dasar Negeri (SDN) 1 Cangkring, Kecamatan Cantigi, Kabupaten terpaksa harus mengikuti ujian sekolah di dalam kelas yang terendam air rob.

Ketinggian air rob yang sering terjadi ini rata-rata mencapai 30 hingga 40 sentimeter di sejumlah titik yang menggenangi bangunan sekolah dasar ini terjadi akibat tingginya debit air laut dan curah hujan yang tinggi, sehingga menyebabkan meluapnya Sungai Cantigi.

Dilansir Liputan6.com, salah satu guru di SDN 1 Cangkring Sri Mulya Wianti mengaku sedih sebab peristiwa tersebut sering terjadi. Meski demikian anak-anak didiknya tetap semangat belajar di tengah kondisi tersebut.

SDN 1 Cantigi sudah menjadi langganan rob saat musim penghujan tiba, tetapi belum ada upaya dalam mengatasi bencana ini.

“Rob mulai datang pada Senin malam, kasihan anak-anak ikuti ujian sekolah penilaian akhir semester juga dalam keadaan kaya gini, mereka basah-basahan,” ujar Sri.

Sementara itu, dampak meluapnya air rob juga dirasakan merendam fasilitas sekolah seperti bangku, meja dan lemari, bahkan tak jarang sarana sekolah rusak akibat kerap terendam banjir. Tak hanya itu, bangunan sekolah juga keropos akibat rendaman air laut yang merusak cat dan tembok bangunan sekolah tersebut.

“Bangunan juga udah mulai keropos, meja, bangku bahkan lemari yang terbuat dari besi udah mulai keropos karena namanya juga air laut, asin cepat bikin keropos,” kata Sri.

Tingginya debit air di Sungai Cantigi ini masih menjadi ancaman yang serius bagi siswa, sebab, sekolah tersebut kerap tergenang air laut. Siswa dan guru berharap Pemerintah Kabupaten segera mengatasi peristiwa yang selalu menjadi langganan itu.

Sementara itu dalam video yang beredar di media sosial tampak air menggenangi ruang kelas. Namun, para pelajar tetap melaksanakan kegiatan di dalam kelas.

“Ratusan Murid SDN 1 Cangkring Terpaksa Laksanakan Ujian Sekolah di Tengah Banjir,” tulis keterangan akun Instagram @kabarnegri.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here