Thursday, 25 April 2024
HomeNasionalRusuh di Pasar Rengasdengklok, Bupati Karawang Dilempari Batu

Rusuh di Pasar Rengasdengklok, Bupati Karawang Dilempari Batu

Bogordaily.net– Kericuhan terjadi di Pasar Rengasdengklok. Bupati bahkan sempat dilempari batu oleh massa yang melakukan aksi pada Rabu, 7 Desember 2022 itu.

Dalam unggahan video di akun Instagram @cellicanurrachadiana, tampak Bupati berlari saat kericuhan terjadi. Ia kemudian menyelematkan diri ke dalam mobil.

“Kami sangat menyesalkan niat baik kami untuk menata Rengasdengklok agar lebih rapi, tertata dan nyaman dibalas dengan lemparan batu, petasan, botol kaca, balok kayu serta acungan samurai dan senjata tajam,” ujar dalam unggahan video kericuhan di akun Instagram-nya @cellicanurrachadiana, Rabu, 7 Desember 2022.

Ia mengaku prihatin lantaran oknum-oknum LSM yang mengatasnamakan pedagang telah membuat penataan pasar yang awalnya kondusif menjadi rusuh.  Terlebih, kericuhan mengakibatkan seorang polisi terluka di bagian kepala karena lemparan batu dan pecahan botol kaca.

“Puluhan anak-anak muda yang telah dicekoki minuman keras, dijadikan tameng untuk menyerang kami,” sambungnya.

Menurutnya, beragam cara telah dilakukan mulai dari sosialisasi selama empat bulan  kepada para pedagang, relaksasi pembiayaan hingga soal harga kios di pasar baru yang kelak ditempati.

Bupati . (Instagram/ @cellicanurrachadiana/Bogordaily.net)

“Kami bersama muspida datang ke Rengasdengklok untuk berdiskusi, berdialog, mendengar dan menangkap keinginan pedagang pasar, tapi mengapa kami justru dibalas dengan kekerasan,” sesalnya.

Cellica berharap para pedagang memiliki pasar yang rapi, dagangannya makin laris, tempat usahanya nyaman dan bersih.

“Oleh karena itu, saya, Ketua DPRD, Dandim Kajari, Wakapolres dan Sekda menyempatkan diri datang untuk menemui teman-teman pedagang,” sambingnya.

“Tapi sayang, karena ulah provokasi oknum, situasi kekeluargaan dan musyarawah yang seharusnya tercipta justru jadi ajang untuk menyerang kami yang tidak membawa apa-apa. Kami datang murni ingin mendengar aspirasi pedagang semua. Kami tidak ingin ada kekerasan, kami tidak mau ada satu pun rakyat kami yang terluka,” sambungnya.

Sebelumnya diberitakan relokasi Pasar Rengasdengklok berakhir ricuh. Para pedagang menolak dan melakukan perlawanan. Aksi pembakaran ban dan menghadangan terhadap alat berat memanas. Video kericuhan relokasi PKL beredar dan viral di media sosial.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here