Friday, 19 April 2024
HomeBeritaSalah Satunya untuk Diet, Nih Deretan Manfaat Buah Naga

Salah Satunya untuk Diet, Nih Deretan Manfaat Buah Naga

Bogordaily.net–  memiliki kandungan gizi sehingga menawarkan banyak manfaat untuk kesehatan, sekaligus membantu memenuhi kebutuhan gizi harian. Berdasarkan kandungan gizinya, dilansir Hellosehat.com, berikut manfaat :

Menjaga kulit kencang dan elastis

merupakan sumber antioksidan yang baik karena tingginya kandungan vitamin C serta berbagai senyawa bioaktif di dalamnya. Antioksidan sangat penting untuk menjaga kulit tetap kencang dan elastis sehingga dapat membantu mengurangi tanda penuaan kulit.

Mengurangi risiko kanker

Senyawa antioksidan dalam buah ini baik dari likopen maupun hydroxycinnamates, memiliki khasiat untuk membantu mencegah kanker. Beberapa penelitian menemukan fakta bahwa mengonsumsi makanan mengandung likopen dapat mengurangi risiko beberapa jenis kanker, termasuk kanker prostat, kanker payudara, dan kanker paru.

Meningkatkan kesehatan jantung

Buah ini juga dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung Anda. Konsumsi membantu menurunkan kadar kolesterol jahat sekaligus meningkatkan kolesterol baik. Ini bisa terjadi karena kandungan likopen, betalain, serta serat yang ada di dalam buahnya. Tak hanya itu, biji yang ada di daging buah ini pun kaya akan lemak omega-3 dan omega-9 yang baik untuk kesehatan jantung, sehingga dapat membantu mencegah penyakit jantung.

Mengontrol kadar gula darah

Kandungan serat dalam buah ini juga dapat membantu mengontrol kadar gula darah. Serat bisa menekan lonjakan gula yang terjadi setelah seseorang makan makanan dengan indeks glikemik tinggi.

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Manfaat ini bisa diperoleh karena vitamin C serta senyawa antioksidan lainnya yang terkandung di dalamnya. Antioksidan membantu tubuh Anda mencegah kerusakan sel yang merupakan munculnya berbagai penyakit.

Meredakan batuk dan flu

Meski ini bukan pengganti obat, tetapi khasiat dapat membantu meringankan gejala batuk dan flu karena terdapat kandungan vitamin C di dalamnya. Mengonsumsi makanan atau buah mengandung vitamin C dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh Anda sehingga bisa mempercepat penyembuhan.

Menurunkan berat badan

Bagi yang sedang menurunkan berat badan, mengonsumsi buah ini bisa menjadi pilihan camilan sehat sehari-hari Anda. Kandungan merah kaya akan serat dan rendah kalori sehingga aman bagi yang sedang dalam program penurunan berat badan.

Menjaga kesehatan tulang

Kandungan merah lainnya adalah memiliki berbagai mineral yang dibutuhkan tubuh untuk menjaga kesehatan tulang. Mineral ini, termasuk magnesium, kalsium, dan fosfor.

Mengurangi jerawat

Selain mencegah tanda penuaan, khasiat untuk kulit lainnya adalah mengurangi jerawat. Oleskan pasta ke area kulit wajah yang kemerahan, selama dua kali sehari. Manfaat yang dapat Anda peroleh karena kandungan vitamin C pada buah ini.

Melindungi rambut dari kerusakan

Bagi yang menggunakan pewarna rambut, jus buah ini juga bisa membantu merawat rambut Anda. Oleskan jus buah atau kondisioner yang mengandung ekstrak buah naga pada kulit kepala Anda. Dengan cara ini, folikel rambut akan tetap terbuka, sehingga memungkinkan rambut Anda untuk bernapas dan tetap sehat serta halus.

Menjaga kesehatan ibu hamil

Ibu hamil membutuhkan berbagai nutrisi seperti zat besi, vitamin C, vitamin B, dan kalsium, yang terdapat pada buah ini. Contoh, zat besi pada dalam buah ini dapat membantu sel darah merah untuk mengantarkan oksigen ke janin, vitamin C dan kalsium memperkuat gigi dan tulang, serta vitamin B dapat mencegah bayi cacat lahir.

Mengurangi risiko anemia

Kandungan buah naga merah ini dapat membantu sel darah merah mengangkut oksigen ke seluruh organ dan tubuh. Ada pun kekurangan zat besi bisa menyebabkan anemia defisiensi besi.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here