Saturday, 27 April 2024
HomeNasionalSepak Terjang & Profil Agus Sujatno, Bomber Bom Bunuh Diri Astana Anyar

Sepak Terjang & Profil Agus Sujatno, Bomber Bom Bunuh Diri Astana Anyar

Bogordaily.net – Sepak terjang dan profil Agus Sujatno bomber di Polsek Astana Anyar jadi perhatian publik. Namanya jadi perbincangan setelah diumumkan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Menurutnya pelaku itu adalah Agus Sujatno. Dia salah satu pelaku bom Cicendo, Bandung, pada 2017.

Saat itu, bom panci meledak di kawasan Cicendo, Kota Bandung. Peristiwa ini terjadi pada pagi hari, Senin (27/2/2017).

Bom panci ini memiliki kekuatan 5.300 meter per detik dan masuk golongan high explosive primer. Bom jenis ini juga sensitif terhadap gesekan dan panas.

Tak lama setelah itu, polisi pun segera menangkap Agus Sujatno alias Abu Muslim dan tersangka lain bernama Yayat.

Profil Agus Sujatno

Saat itu, Agus Sujatno diketahui berprofesi sebagai teknisi listrik. Dia berperan dari pendanaan hingga perakit bom. “A alias Abu Muslim bekerja sebagai tenaga ahli listrik di apartemen. Mana sumber energi yang bisa ia gunakan, tentu bagi dia tidak begitu sulit,” kata Kadiv Humas Polri Irjen kala itu, Boy Rafli Amar, di Kompleks Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Jakarta Selatan, Senin (13/3/2017).

Abu Muslim juga berperan dalam pendanaan kepada tersangka Yayat, yang melakukan aksi teror di Lapangan Pendawa, Cicendo, Bandung.

Selain pendanaan, Abu Muslim disebutkan memiliki ‘laboratorium' di rumahnya yang digunakan sebagai tempat merakit bom.

Dari tangan Agus Sujatno, polisi menyita beberapa barang bukti, di antaranya panci, paku, kabel, parafin, korek api kayu, baterai, kaleng, selotip, saringan, botol pembersih keramik, asam nitrat, HCL, aseton, dan hidrogen peroksida.(detikcom)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here