Monday, 17 June 2024
HomeNasionalTarif Gratis, Jalan Tol dengan Terowongan Terpanjang di Indonesia Sudah Dibuka

Tarif Gratis, Jalan Tol dengan Terowongan Terpanjang di Indonesia Sudah Dibuka

Bogordaily.net – Tol Cisumdawu (Cileunyi-Sumedang-Dawuan), jalan tol dengan terowongan terpanjang di sudah dibuka.

Saat libur Natal dan Tahun Baru, Tol Cisumdawu alias tidak harus membayar tarif tol untuk sementara waktu. Dengan begitu, Tol Cisumdawu mudik tahun baru 2023.

Letak terowongan Tol Cisumdawu berada di seksi 2 ruas Rancakalong – Sumedang, tepatnya di Desa Rancakalong, Kabupaten Sumedang, Provinsi Jawa Barat.

Sebelumnya, Tol Cileunyi, Sumedang, Dawuan atau Cisumdawu dipastikan akan dioperasikan untuk menopang lalu lintas libur Natal dan Tahun Baru atau Nataru 2022-2023.

Awalnya, Tol Cisumdawu baru dibuka sebanyak 1 seksi saja dari rute Gerbang Tol (GT) Cileunyi, sampai GT Pamanukan.

Tetapi kini Tol Cisumdawu sudah dibuka sebanyak 3 seksi hingga GT Tol Cimalaka pada Desember 2022.

Di bagian seksi 2 Tol Cisumdawu terdapat terowongan panjang yang memiliki rute terpanjang di . Kabar baiknya adalah, akses Tol Cisumdawu hingga terowongan tersebut kini masih digratiskan.

“Kegiatan fungsional Jalan Tol Cisumdawu Seksi 2 dan Seksi 3 ini sebagai bentuk sosialisasi untuk masyarakat para pengguna jalan tol yang akan dioperasikan dengan tarif Rp 0 sampai adanya penetapan tarif dari Bapak Menteri PUPR” kata Kasatker PJBH Cisumdawu Yuanita Kiki Sani seperti dikutip kompas.com.

Berdasarkan hasil pemeriksaan bersama tersebut, jalan tol dengan terowongan terpanjang di Seksi 2 ini dengan panjang 17,05 Km dari mulai Gebang Tol Pamulihan hingga Gebang Tol Sumedang akan dioperasikan untuk semua jenis golongan kendaraan.

Sedangkan seksi 3 yang memiliki panjang 4,05 Km dari mulai Gerbang Tol Sumedang hingga Gerbang Tol Cimalaka hanya akan dioperasikan untuk jenis kendaraan Golongan I. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here