Friday, 19 April 2024
HomeBeritaTerbuat dari Emas, Harga Trofi Piala Dunia Tembus Ratusan Miliar

Terbuat dari Emas, Harga Trofi Piala Dunia Tembus Ratusan Miliar

Bogordaily.net – yang terbuat dari ternyata memiliki harga fantastis. Argentina sukses menjadi kampiun Qatar setelah mengalahkan Perancis di babak final melalui drama adu penalti.

Ini merupakan gelar Piala Dunia ketiga bagi Tim Tango, sementara Perancis harus mengubur mimpinya untuk meraih gelar juara dua kali berturut-turut.

Dalam perayaan kemenangan, Lionel Messi cs mengangkat, mencium hingga foto bareng dengan trofi .

Namun, trofi saat ini bukanlah trofi yang asli melainkan trofi replika yang berlapis kuningan.

Dikutip dari Euro Sport, trofi Piala Dunia secara resmi digambarkan sebagai padat.

Dengan tinggi 36,5 sentimeter, trofi tersebut terbuat dari 6,175 kilogram 18 karat (75 persen). Jumlah yang membentuk sebagian besar trofi Piala Dunia bernilai sekitar 161.000 dolar AS atau sekitar Rp 2,5 miliar pada tahun 2018.

Bahkan, trofi Piala Dunia yang asli dinilai sebagai trofi termahal dalam olahraga di dunia dengan perkiraan dari USA Today pada tahun 2018 menilainya pada USD20 juta (£ 17.7 juta) atau sekira Rp312 miliar.

Sayangnya, trofi tersebut tak boleh dibawa pulang oleh pemenang. Mereka hanya menerima replika perunggu dari piala tersebut.

Namun, replika perunggu itu juga berlapis emas, meski bukan emas murni.

Trofi Piala Dunia saat ini diberi nama Jules Rimet. Ia merupakan seorang mantan presiden FIFA yang berperan penting dalam menciptakan turnamen pada tahun 1929.

Dalam sejarahnya, trofi tersebut pernah dicuri markas Konfederasi Sepak Bola Brasil di Rio de Janeiro pada 19 Desember 1983 dan tidak pernah ditemukan.

Trofi Piala Dunia pertama kali dirancang oleh seniman Italia bernama Silvio Gazzaniga. Namun, saat ini Silvio Gazzaniga sudah meninggal dunia.

Diketahui, trofi yang akan diberikan oleh sang juara Piala Dunia memang bukan aslinya, melainkan replika. Sang juara Piala Dunia hanya bisa mengangkat trofi asli saat melakukan selebrasi kemenangan. Setelah itu, trofi aslinya akan disimpan kembali oleh FIFA.(*)

Copy Editor: Riyaldi

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi YouTube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here