Friday, 29 March 2024
HomeNasionalTerungkap, Alasan Jokowi Tidak Gelar Pernikahan Kaesang di Graha Saba

Terungkap, Alasan Jokowi Tidak Gelar Pernikahan Kaesang di Graha Saba

Bogordaily.net – Presiden Joko Widodo () mengungkapkan alasan dipilihnya Pura Mangkunegaran di Solo sebagai lokasi pernikahan putranya Kaesang Pangarep dan Erina Gudono.

“Karena gedungnya (Graha Saba Buana) kepakai. Sebetulnya kita punya sendiri, yang dulu mas Gibran dan mbak Kahiyang di situ, tapi sudah dibooking oleh masyarakat yang lain,” kata dikutip dari detik.com, Senin 5 Desember 2022.

Graha Saba Buana yang berlokasi di Solo sebelumnya juga pernah digunakan keluarga untuk lokasi pernikahan Gibran Rakabuming Raka dan Selvi Ananda.

“Yang dulu apa Mas Gibran dan Mbak Ayang juga disitu [menikah], tapi sudah dibooking oleh masyarakat lain,” jelasnya.

Keluarga Presiden tidak ingin membatalkan orang yang memesan Graha Saba Buana yang sudah dipesan itu. Sehingga pihaknya memilih mengalah mencari lokasi lain.

“Kita tidak bisa. Masak mentang-mentang sendiri, masak harus pindah harinya atau gedungnya. Alasannya cuma itu,” ucapnya.

Di kesempatan sama, ketika Jokowi menghadiri rapat terakhir persiapan -Erina di Solo, Presiden mengucapkan permintaan maafnya kepada masyarakat jika nantinya terjadi hal yang tidak diinginkan sehubungan dengan penyelenggaraan hajatan di Yogya dan Solo.

Adapun prosesi acara -Erina berawal akad nikah di Yogyakarta pada Sabtu 10 Desember. Selanjutnya, acara tasyakuran di Solo pada Minggu 11 Desember.

Pengantin dan rombongan akan dikirab menuju Pura Mangkunegaran.

“Loji Gandrung itu berangkat, kirab, tasyakurannya di Mangkunegaran. Detailnya saya tidak tahu. Yang jelas dari Loji Gandrung, kirab pengantin menuju ke Mangkunegaran,” pungkasnya.

“Saya ingin mohon maaf yang sebesar-besarnya, kepada masyarakat baik di Yogya maupun yang di Solo atas dan Erina apabila nantinya di dalam acara tersebut mengganggu,” kata Jokowi, dikutip dari kanal YouTube Berita Surakarta.

Seperti hajatan pada umumnya, penyelenggaraan acara pernikahan akan berdampak pada arus lalu lintas. Potensi volume kendaraan lebih meningkat jika acara digelar oleh pejabat, utamanya keluarga dari lingkungan Kepresidenan. Maka dari itu Jokowi meminta maaf sebelum kejadian.

“Baik mengganggu perjalanan, mengganggu lalu lintas yang ada, kami mohon maaf sebesar-besarnya kepada seluruh masyarakat di Yogya maupu di Solo,” kata Jokowi.(*)

Copy Editor: Riyaldi

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi YouTube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here