Tips Jalan ke Nepal Van Java Magelang Ketika Hujan

Menu

Mode Gelap
Info Terkini Gempa Menurut BMKG, Sabtu 28  Januari 2023 Link Streaming Man City vs Arsenal, Aman dan Legal Catat, Ini Nomor Hotline Pengaduan Penculikan Anak di Kota Bogor Doa Buka Puasa Rajab 2023 dan Qadha Ramadhan Lengkap Pasar Kaget di Taman Heulang Dikeluhkan Warga, Sahib Khan Usulkan Relokasi

Wisata · 8 Dec 2022 11:13 WIB

Tips Jalan ke Nepal Van Java Magelang Ketika Hujan


 Nepal Van Java Magelang. (Nyatanya.com/Bogordaily.net) Perbesar

Nepal Van Java Magelang. (Nyatanya.com/Bogordaily.net)

IIMS

Bogordaily.net – Hujan tidak akan menghalangi aktivitas liburan para pelancong, terlebih biasanya musim hujan menjadikan pemandangan lebih cantik di area pegunungan salah satunya wisata kawasan Dusun Butuh Temanggung Kaliangkrik ini biasa dijuluki sebagai Nepal Van Java.

Dusun Butuh ini berada diketinggian 1.600 meter di atas permukaan laut tepat di sisi Timur lereng Gunung Sumbing. Ketika cuaca cerah, para pelancong dapat memandang indah dan gagahnya puncak Sumbing.

Akses menuju Desa Butuh ini sangatlah mudah, hanya saja perlu keahlian ketika mengendari kendaraan lantaran jalanan sangatlah menanjak dan jurang-jurang tampak terjal. Apalagi ketika kabut mulai menerjang jalanan kampung Butuh terlihat lebih syahdu

Berikut adalah beberapa tips terbaik ketika berwisata ke Desa Butuh saat musim hujan:

Cek Kondisi Kendaraan Pribadi

Salah satu hal terpenting ketika berwisata ke Dusun Butuh adalah mengecek kondisi kendaraan agar benar-benar fit. Karena jalan menuju Dusun Butuh sangat menanjak dan berkelok tajam.

Pakai Jaket Tebal

Dusun Butuh merupakan dusun terakhir menuju gunung Sumbing yang terletak diketinggian 1.600 mdpl. Jadi suhu udara sangat dingin, bagi kamu yang tidak kuat dengan udara dingin maka disarankan untuk memakai jaket tebal atau menyediakan jaket tambahan.

Dusun Butuh Temanggung Kaliangkrik Magelang. (Aktualiti/Bogordaily.net)

Bawa Payung Ataupun Jas Hujan

Namanya musim hujan pastinya alat yang harus tersedfia adalah payung ataupun jas hujan untuk melindungi tubuh dari rintikan air hutan.

Persiapan ini akan membuatmu lebih nyaman dan tidak kebingungan ketika berlibur menikmati gunung Sumbing dari Dusun Butuh ketika hujan turun.

Siapkan Uang Cash

Ketika berwisata ke Dusun Butuh sangat disarankan menyediakan uang cash. Jangan harap di Dudun Butuh kamu menemukan mesin ATM. Sehingga, ketika ingin membeli jajanan ataupun oleh-oleh maka dengan mudah melakukan transaksi.

Para warung penduduk kampung Butuh tidak akan menyediakan pembayaran online seperti e-wallet.

Pakailah Alas Kaki yang Memadai

Berwisata di Dusun Butuh memang harus banyak persiapan. Kamu diwajibkan memakai alas kaki yang tebal sehingga dapat mengurangi resiko tergelincir.

Mengingat jalanan di Dusun Butuh yang memiliki kemiringan hingga 60 derajat dan tersasa begitu licin. Ketika bermain di lahan pertanian untuk menikmati keindahan alam. Alas kamimu akan langsung menginjak tanah yang gembur. Sehingga perlu memakai sepatu gunung ataupun sandal gunung.

Fasilitas Ojek Gunung

Bagi kamu yang membawa kendaraan roda empat, maka untuk mencapai ladang warga kamu harus jalan kaki menanjak hingga satu kilometer. Untuk mempersingkat waktu, penduduk Butuh menyediakan jasa ojek menuju puncak Butuh dengan tarif Rp 15.000 sekali jalan.

Namun jika kamu ingin mendaki gunung Sumbing, maka jasa ojek akan mengantarkan lebih jauh mendekati pos 1 dengan tambahan biaya Rp 10.000 untuk sekali jalan.***

Copy Editor: Riyaldi

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi YouTube BogordailyTV

Artikel ini telah dibaca 100 kali

badge-check

Redaktur

Baca Lainnya

Curug Cipeuteuy Bogor, Tempat Asyik Habiskan Akhir Pekan

29 January 2023 - 17:48 WIB

Curug Cipeuteuy bOGOR

Curug Tebing, Air Terjun Tersembunyi di Hutan Pamijahan

29 January 2023 - 12:16 WIB

Curug Tebing di Desa Ciasmara, Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor.

Camping Ground Pasir Luhur Pamijahan, Wisata Kemah Eksotis Dikelilingi Pohon Pinus

29 January 2023 - 11:42 WIB

Camping ground Bumi Perkemahan Pasir Luhur

Situs Cibalay, Salah Satu Wisata Geopark dan Sejarah di Kabupaten Bogor

28 January 2023 - 22:04 WIB

Situs Cibalay

Museum Zoologi Bogor, Wisata Edukasi yang Sudah Ada Sejak 1894

26 January 2023 - 08:59 WIB

Museum Zoologi Bogor, Wisata Edukasi yang Sudah Ada Sejak 1894

Tips Aman Mendaki Kawah Ratu, Cekidot!

26 January 2023 - 00:24 WIB

Trending di Wisata