Friday, 3 May 2024
HomeNasionalAgar Tetap Aman, Ini 5 Tips Naik Motor dan Mobil Saat Cuaca...

Agar Tetap Aman, Ini 5 Tips Naik Motor dan Mobil Saat Cuaca Ekstrem

Bogordaily.net–  Beberapa kota di Indonesia diprediksi mengalami dengan curah hujan yang cukup tinggi. Bagi para pengendara motor dan mobil, berikut naik motor dan mobil saat .

Dilansir dari Suara.com yang merangkum berbagai sumber, Badan Nasional Penanggulangan Bencana atau BNPB mengingatkan warga yang berada di beberapa titik untuk tidak bepergian saat . Mengingat kebutuhan dan rutinitas, maka perjalanan terpaksa tetap dilakukan. Agar tak terjadi hal-hal yang merugikan, berikut bepergian saat .

Lampu Harus Menyala

Saat hujan lebat, jarak pandang kita menjadi terbatas sehingga menyalakan lampu kendaraan menjadi hal yang sangat penting.  Selain membantu agar bisa melihat lebih leluasa, sinar lampu juga menjadi tanda bagi pengendara lainna agar lebih hati-hati karena ada kendaraan yang sedang melintas.

Kurangi Kecepatan

Turunkan kecepatan kendaraan sekitar 20 persen atau umumnya menjadi 20-30 km per jam. Hujan deras juga membuat kondisi jalanan lebih licin dari biasanya sehingga kendaraan lebih sulit dikendalikan.

Berhenti di Tempat Aman

Jika hujan dirasa terlalu lebat dan sulit ditembus, jangan paksakan diri. Hentikan perjalanan sejenak dan carilah tempat yang aman. Hindari tempat berbahaya seperti sekitaran papan reklame atau pohon besar.

Tetap Tenang dan Fokus

Usahakan untuk tetap tenang dan fokus meskipun cuaca sedang tak bersahabat. Minum selalu air putih untuk menyegarkan kondisi tubuh dan selalu pantau perkembangan melalui situs resmi pemerintah seperti BMKG.

Perhatikan Jas Hujan

Bagi pengendara sepeda motor, mohon perhatikan jas hujan yang dipakai agar tak membahayakan diri sendiri maupun pengendara lainnya. Jas hujan yang terlalu panjang akan berkibar dan berpotensi menimbulkan bahaya, seperti terbelit di rantai motor atau bahkan terinjak pengendara sepeda motor lain yang sedang melintas.

Jangan memaksa bepergian jika tidak dalam kondisi darurat karena keselamatan kita adalah yang utama. Tunggu hingga hujan mereda dan lakukan aktivitas di jalan raya seperti biasa.***

Copy Editor: Riyaldi

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi YouTube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here