Wednesday, 24 April 2024
HomeNasionalTok! Komisi I DPR Setujui Laksamana Yudo Margono Jadi Panglima TNI  

Tok! Komisi I DPR Setujui Laksamana Yudo Margono Jadi Panglima TNI  

Bogordaily.net– Komisi I DPR RI menyetujui Laksamana Yudo Margono menjadi menggantikan Jenderal TNI Andika Perkasa usai uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test bagi calon , Jumat, 2 Desember 2022.

Ketua Komisi I DPR RI Meutya Hafid mengatakan Yudo akan menjadi setelah DPR mempertimbangkan pandangan fraski dan anggota.

“Komisi I DPR RI memberikan persetujuan pengangkatan Laksamana Yudo Margono sebagai ,” kata di Kompleks Parlemen, Jakarta, sebagaimana dilansir Suara.com Jumat, 2 Desember 2022.

Meutya Hafid menyebut seluruh fraksi menyatakan setuju pengangkatan Laksamana Yudo Margono sebagai , sehingga dalam rapat internal Komisi I DPR tidak dilakukan pemungutan suara atau voting. Pengambilan keputusan terkait dengan pemilihan Yudo sebagai , diambil melalui musyawarah mufakat oleh seluruh fraksi.

Legislatif juga turut menyepakati soal pemberhentian Jenderal Andika Perkasa secara hormat dari jabatannya saat ini sebagai . Oleh karena itu keputusan dari Komisi I hanya menunggu rapat paripurna terdekat untuk disahkan.

Ketua DPR RI Puan Maharani mengumumkan nama calon baru yang akan bertugas menggantikan Jenderal Andika Perkasa yang segera memasuki masa pensiunnya.

Puan Maharani mengatakan Laksamana Yudo Margono diterima oleh DPR untuk mengikuti mekanisme pemilihan yang berlaku dan telah menjalani uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test di Komisi I DPR.

Sementara itu Laksamana Yudo Margono memastikan tetap menjalankan visi misi dan program kerja, meski umur jabatannya sebagai kelak tidak genap satu tahun.

Menurut Yudo, komitmen menjalankan visi misi dan program kerja akan dilakukannya sebagai bentuk pertanggungjawaban. Mengingat semua program kerja tersebut telah ia paparkam dalam uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test di Komisi I DPR.

“Ya harus bisa dilaksanakan kan itu komitmen saya. Ini kan sudah RDPU, sudah di sini kan harus ada pertanggungjawabannya,” kata Yudo usai fit and proper di DPR.

Sebelumnya diberitakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengusulkan Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Yudo Margono.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here